Ahad 07 Apr 2024 14:42 WIB

Pantau Arus Mudik, Polres Kudus Manfaatkan CCTV

Petugas disiagakan memantau arus lalu lintas di Kudus melalui CCTV.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Petugas memantau arus lalu lintas melalui monitor kamera CCTV.
Foto: ANTARA/Harviyan Perdana Putra
(ILUSTRASI) Petugas memantau arus lalu lintas melalui monitor kamera CCTV.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS — Polres Kudus, Jawa Tengah, tidak hanya menurunkan langsung petugas untuk memantau arus lalu lintas pada momen Lebaran, termasuk arus mudik dan balik. Pemantauan juga dilakukan melalui kamera CCTV.

Polres Kudus berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dalam menggunakan kamera CCTV yang terpasang di sejumlah lokasi. “Dalam memanfaatkan CCTV tersebut, kami bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kudus, sehingga tempat pemantauannya ditarik ke Posko Terpadu di Alun-Alun Kudus,” kata Kepala Polres (Kapolres) Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto, Sabtu (7/4/2024).

Baca Juga

Kapolres mengatakan, kamera CCTV terpasang di 18 lokasi strategis wilayah Kudus. Di antaranya di wilayah Dawe, Sempalan, Jalan A Yani, Jalan Sunan Kudus, Jalan Jenderal Sudirman, Bakalankrapyak, dan Colo.

Sekretaris Dishub Kabupaten Kudus Putut Sri Kuncoro mengatakan, keberadaan kamera CCTV itu dapat membantu pemantauan lalu lintas. Termasuk saat terjadi kepadatan atau kemacetan arus lalu lintas. “Ketika ada kepadatan yang membutuhkan penanganan cepat, bisa diketahui dan diterjunkan personel ke lapangan," ujarnya.

Menurut Putut, saat momen Lebaran, arus lalu lintas di Kudus cenderung padat, terlebih di pusat-pusat keramaian, seperti Alun-Alun Kudus atau Balai Jagong. Pemasangan CCTV juga diharapkan dapat membantu dalam mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban. “Kejadian apa pun bisa dimonitor karena ada petugas yang berjaga di depan layar monitor,” kata Putut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement