Ahad 07 Apr 2024 18:58 WIB

Ribuan Warga Ikut Mudik Gratis Pemprov Jatim

Peserta mudik gratis diberangkatkan dari Surabaya ke sejumlah daerah.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Peserta mudik gratis.
Foto: Edi Yusuf/Republika
(ILUSTRASI) Peserta mudik gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) memberangkatkan 3.840 warga peserta mudik gratis, Ahad (7/4/2024). Peserta mudik gratis diberangkatkan dari depan kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jatim di Kota Surabaya.

Ribuan peserta mudik gratis itu dibagi dalam 96 bus, dengan tujuan ke berbagai kabupaten/kota di wilayah Jatim. Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono mengatakan, pemprov juga memfasilitasi pengangkutan motor pemudik.

Baca Juga

“Mudik gratis kali ini motornya diangkut dengan truk, kemarin dan hari ini. Orangnya naik bus. Sehingga kebutuhan berkendaraan di kampung halaman dengan sepeda motornya tetap terpenuhi,” ujar Adhy kepada wartawan, seusai melepas keberangkatan pemudik di depan Kantor Dishub Provinsi Jatim.

Adhy mengatakan, selain membantu para pemudik, mudik gratis ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan, serta pemudik yang menggunakan motor. Pasalnya, kata dia, berdasarkan data angka kecelakaan lalu lintas, didominasi pengendara motor.

“Kami memberikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung program mudik gratis ini,” kata Adhy.

Adhy berharap, pada program mudik gratis tahun depan, akan lebih banyak pihak yang berpartisipasi, juga didukung pemerintah kabupaten/kota se-Jatim.

“Mudah-mudahan tahun depan akan lebih banyak lagi dan ada partisipasi dari dunia usaha atau masyarakat yang mampu. Harus ada juga kolaborasi, khususnya dari pemerintah daerah kabupaten atau kota yang menyumbangkan bus. Karena para peserta mudik gratis ini sebenarnya masyarakat dari bupati atau wali kota dari berbagai daerah di Jatim juga,” kata Adhy.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement