Selasa 09 Apr 2024 11:18 WIB

Gelar Sholat Idul Fitri, Masjid Al-Akbar Surabaya Bisa Tampung Ribuan Jamaah

Masjid Al-Akbar menyiapkan pelaksanaan sholat Id, termasuk layanan medis.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Irfan Fitrat
Suasana Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Jawa Timur.
Foto: ANTARA FOTO/MOCH ASIM
Suasana Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Jawa Timur, akan menyelenggarakan sholat Idul Fitri 1445 Hijriyah. Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Helmy M Noor, mengatakan, rangkaian sholat Idul Fitri akan dimulai pada pukul 06.00 WIB.

Seluruh area sholat di Masjid Al-Akbar akan dibuka untuk jamaah. “Masjid Al-Akbar menyiapkan area sholat di lantai satu, dua, dan halaman masjid, dengan kapasitas 40 ribu jamaah,” kata Helmy kepada Republika, Selasa (9/4/2024).

Baca Juga

Helmy mengatakan, sholat Idul Fitri akan dipimpin Imam Besar Masjid Al-Akbar Surabaya, KH Abdul Hamid Abdullah. Adapun khotibnya Prof Ali Aziz, guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, yang rencananya menyampaikan khotbah bertema “Lebaran Meneguhkan Komitmen Muslim Berwawasan Kebangsaan”.

Helmy memastikan kesiapan Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya menggelar sholat Idul Fitri. Menurut dia, pihaknya juga menyiapkan layanan medis mengantisipasi jamaah yang sakit atau membutuhkan penanganan medis saat pelaksanaan sholat Id nanti.

Menurut Helmy, Poliklinik Masjid Al-Akbar menyiagakan dua dokter dan paramedis. Disiagakan juga satu dokter dan dua perawat dari RSUD Dr Soetomo, serta 30 paramedis dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya. Nantinya juga disiagakan ambulans. “Jumlah ambulans tiga unit,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement