Selasa 09 Apr 2024 19:41 WIB

BPBD Kudus Siagakan Personel Antisipasi Bencana Saat Momen Lebaran

Para relawan penanggulangan bencana juga disiagakan agar siap saat dibutuhkan.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
Foto: Antara/Yusuf Nugroho
(ILUSTRASI) Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, tetap waspada akan potensi terjadinya bencana, termasuk saat momen Lebaran 2024. Untuk itu, BPBD Kabupaten Kudus menyiagakan personel dan peralatan pendukung penanggulangan bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kudus, Mundir, mengatakan, pihaknya juga menyiagakan para relawan, sehingga dalam kondisi siap ketika dibutuhkan untuk membantu penanggulangan bencana. Pasalnya, kata dia, diprediksi masih ada potensi cuaca ekstrem pada momen Lebaran ini.

Baca Juga

Mundir mengatakan, dibutuhkan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana akibat cuaca ekstrem, terlebih di daerah yang rawan terdampak bencana, seperti banjir atau longsor.

“Selain menyiapkan relawan, kami juga sudah berkoordinasi dengan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Kabupaten Kudus untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi bencana alam, terutama saat Lebaran,” kata Mundir, Senin (8/4/2024).

Mundir mengatakan, BPBD Kabupaten Kudus juga menyiapkan posko guna mengantisipasi kejadian bencana saat masa arus mudik Lebaran. Di posko tersebut disiagakan personel BPBD dan relawan, juga ambulans dan mobil pemadam kebakaran. Sejumlah peralatan pendukung penanggulangan bencana pun sudah disiapkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement