Jumat 12 Apr 2024 13:54 WIB

Arus Balik Lebaran, Kapolres Bantul Minta Pengendara yang Lelah Istirahat Dulu

Puncak arus balik Lebaran diperkirakan 13-16 April 2024.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pemudik menggunakan sepeda motor.
Foto: Republika/Prayogi
(ILUSTRASI) Pemudik menggunakan sepeda motor.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL — Kepala Polres (Kapolres) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),  AKBP Michael R Risakotta, mengimbau para pengguna kendaraan selalu mengutamakan keselamatan saat masa arus balik Lebaran 2024. Puncak arus balik Lebaran diperkirakan terjadi pada 13-16 April 2024.

Sebelum melakukan perjalanan, Kapolres mengimbau kondisi kendaraan dipastikan laik jalan. “Pastikan kembali kondisi kendaraan yang anda gunakan, seperti cek mesin, tekanan ban, dan kelengkapan lainnya, sehingga kondisi kendaraan layak jalan,” kata dia, dalam keterangannya, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga

Selain kendaraan, Kapolres mengingatkan agar pengemudi dalam kondisi prima, sehingga bisa lebih fokus ketika berkendara. “Siapkan stamina. Pastikan kesehatan prima, pastikan kendaraan tidak bermasalah. Karena sehat dan tidak lelah adalah mutlak syarat utama dalam berlalu lintas,” ujar dia.

Bagi pengguna kendaraan yang sudah merasa lelah atau mengantuk, Kapolres mengingatkan agar tidak memaksakan diri meneruskan perjalanan karena berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan. Pengemudi diminta beristirahat dulu sebelum melanjutkan kembali perjalanan.

“Bagi pengendara yang lelah atau mengantuk, jangan lupa istirahat karena yang terpenting adalah keselamatan,” kata Kapolres.

Kapolres juga mengimbau masyarakat membawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk melakukan perjalanan. Selain itu, kata dia, memantau informasi terkini ihwal kondisi jalan, arus lalu lintas, kemacetan, ataupun jalur alternatif dengan memanfaatkan teknologi, seperti lewat aplikasi. “Selamat pulang kembali ke rumah dan semoga anda tiba dengan selamat di tujuan akhir,” ujar Kapolres.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement