Jumat 12 Apr 2024 23:44 WIB

Posko Coast Guard Disiagakan Pantau Wisata Pasir Putih Situbondo

Petugas diminta mengingatkan soal keselamatan kepada wisatawan di pantai.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Suasana saat matahari tenggelam (sunset) di kawasan wisata Pantai Pasir Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
(ILUSTRASI) Suasana saat matahari tenggelam (sunset) di kawasan wisata Pantai Pasir Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO — Polres Situbondo, Jawa Timur, menyiagakan personel di Posko Coast Guard untuk memantau keselamatan dan keamanan pengunjung Wisata Bahari Pasir Putih selama libur Lebaran 2024. Diprediksi kawasan wisata pantai itu masih akan ramai dikunjungi.

Wakil Kepala Polres (Wakapolres) Situbondo Kompol I Made Prawira Wibawa mengatakan, pada masa libur Lebaran ini, Polres Situbondo mendirikan posko pelayanan dan pengamanan di lokasi-lokasi keramaian, tempat wisata, dan tempat lainnya yang ramai aktivitas masyarakat.

Baca Juga

Khusus Posko Coast Guard, menurut Made, melibatkan personel gabungan dari Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Satpolairud), TNI AL, dan tim SAR. Posko itu disebut dilengkapi sarana prasarana penunjang, termasuk kapal patroli milik Satpolairud.

Made mengatakan, petugas diminta selalu mengingatkan wisatawan di kawasan pantai ihwal keselamatan dan keamanan. Imbauan bisa disampaikan melalui pengeras suara yang tersedia di Posko Coast Guard. 

“Kami tekankan kepada anggota jangan pernah lelah untuk mengingatkan para pengunjung wisata Pasir Putih demi keamanan dan keselamatan saat mandi di laut,” kata Made.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Situbondo Ainur Ridla Kurniawan mengatakan, Wisata Bahari Pasir Putih mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak hari kedua Lebaran atau Kamis (11/4/2024). “Wisata Bahari Pasir Putih mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah,” ujar dia.

Ridla memperkirakan kunjungan wisatawan masih ramai hingga sekitar satu pekan ke depan. “Liburan kan masih seminggu ke depan. Jadi, mulai besok hingga hari libur usai, pengunjung wisata Pasir Putih akan semakin ramai,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement