Rabu 10 Apr 2024 09:15 WIB

Pantai di Gunungkidul Ini Diprediksi Ramai Pengunjung Saat Libur Lebaran

Dispar Gunungkidul mengantisipasi lonjakan pengunjung di kawasan wisata pantai.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Suasana Pantai Pulang Sawal di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
(ILUSTRASI) Suasana Pantai Pulang Sawal di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL — Sejumlah pantai di wilayah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), diperkirakan menjadi tujuan wisatawan pada masa libur Lebaran Idul Fitri 2024. Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul melakukan pemetaan guna mengantisipasi lonjakan pengunjung.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul, Supriyanta, mengatakan, setiap momen libur Lebaran, Gunungkidul menjadi salah satu tujuan wisata di DIY. Khususnya, untuk wisata pantai. Menurut dia, persentase pengunjung wisata pantai biasanya lebih dari 80 persen dari total kunjungan wisatawan.

Pada masa libur Lebaran 2023, menurut Supriyanta, dinasnya mencatat jumlah wisatawan mencapai 138.003 orang. Kunjungan wisatawan pada libur Lebaran 2024 ini diperkirakan meningkat dari tahun lalu, seiring peningkatan kondisi infrastruktur jalan, yang juga terintegrasi. 

“Kami memprediksi akan terjadi lonjakan wisatawan di sejumlah objek wisata pantai pada libur Lebaran nanti,” kata Supriyanta.

Menurut Supriyanta, Pantai Baron dan Pantai Pulang Sawal biasanya menjadi primadona wisatawan. Ia mengatakan, dinasnya juga memetakan kawasan wisata pantai lainnya mengantisipasi peningkatan pengunjung.

Pemetaan dilakukan untuk memastikan kesiapan personel yang akan disiagakan di kawasan pantai, lahan parkir, termasuk mengantisipasi potensi terjadinya kecelakaan laut saat momen libur Lebaran. “Kami berupaya mengantisipasi segala hal yang bisa terjadi,” kata Supriyanta.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul Bayu Susilo Aji memprediksi kemungkinan terjadinya kepadatan arus lalu lintas saat libur Lebaran. Khususnya di sekitar kawasan wisata pantai.

Mengantisipasi hal itu, Bayu mengatakan, Dishub menyiagakan posko di jalur wisata kawasan pantai selatan Gunungkidul. “Pos jalur wisata ditempatkan di enam titik jalur menuju wisata pantai,” kata dia.

Menurut Bayu, Dishub juga mendirikan pos yang ditempatkan di jalur barat atau Pantai Ngrenehan, serta Jalur Jalan Lingkar Selatan (JJLS) Baron, Tepus, dan Wediombo. “Kami juga telah menyiapkan rambu-rambu keselamatan, perbaikan jalan, dan lampu penerangan jalan umum,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement