Jumat 12 Apr 2024 23:59 WIB

Libur Lebaran, Ini Lima Pantai di Bantul yang Diunggulkan Tarik Wisatawan

Ada juga wisata hutan pinus dan sejumlah desa wisata di Bantul.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Suasana saat senja di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
(ILUSTRASI) Suasana saat senja di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL — Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyebut kawasan pantai selatan masih menjadi unggulan untuk menjadi daya tarik wisatawan pada masa libur Lebaran Idul Fitri. Diharapkan kunjungan wisatawan pun terus meningkat.

“Wisata pantai yang masih favorit di Pantai Parangtritis. Kemudian Pantai Depok, Pantai Baru, Pantai Goa Cemara, dan Cemoro Sewu. Paling tidak di lima titik itu masih kita unggulkan untuk wisata di pantai selatan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga

Heru mengatakan, Pantai Parangtritis dan sekitarnya masih menjadi destinasi utama para wisatawan. Terlebih, ada kawasan gumuk pasir, yang juga dapat menjadi daya tarik wisatawan.

“Tidak menutup kemungkinan pantai lain, misalnya Pantai Cangkring, Pantai Parangkusumo. Akan tetapi, lima objek wisata pantai tadi secara keindahan bagus dan layak untuk dinikmati wisatawan,” ujar Heru.

Selain itu, Heru mengatakan, objek wisata di kawasan perbukitan Kecamatan Dlingo, yaitu hutan pinus Mangunan, masih diunggulkan. “Ki​​​ta berharap wisatawan dari pantai selatan terus mainnya ke Mangunan karena ada pengaturan arus yang baik lewat Imogiri. Jadi, wisata ke Mangunan kita harapkan sore karena kalau pagi turunnya harus lewat utara, tidak lewat Imogiri, akan repot,” kata Heru.

Menurut Heru, sejumlah desa wisata yang dikelola kelompok masyarakat juga masih diunggulkan Pemkab Bantul dalam menyambut wisatawan libur Lebaran. Terlebih, sejumlah desa wisata di Bantul sempat meraih penghargaan dari pemerintah.

“Desa Wisata Wukirsari dan Desa Wisata Krebet, kemudian Desa Wisata Jagalan dan beberapa wisata lainnya yang sangat menarik bisa dikunjungi. Termasuk Puncak Sosok di Pleret, masih menarik. Itu gambaran sekilas. Artinya, yang lain masih tetap menarik,” kata Heru.

Dengan berbagai destinasi wisata tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menargetkan wisatawan selama libur Lebaran 2024 bisa mencapai 135 ribu orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement