Ahad 14 Apr 2024 15:16 WIB

Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi Berpotensi Terjadi Lagi

Banjir lahar dingin terjang Kab Agam dan Padang Panjang pada Jumat (5/4/2024).

Sejumlah warga menyaksikan banjir lahar dingin menerjang kawasan pemukiman di Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Agam, Sumatra Barat, Jumat (5/4/2024).
Foto:

Ketika itu, lahar dingin menerjang Kabupaten Agam dan Padang Panjang. Bahkan, pada saat itu jalur Kota Padang Panjang menuju Kota Bukittinggi lumpuh total.

Antisipasi bencana lahar dingin harus disiapkan dan dilakukan, terutama bagi pemukiman masyarakat di daerah-daerah yang dilalui langsung aliran sungai yang berhulu dari Gunung Marapi. Terpisah, Ketua Tim Tanggap Darurat Letusan Gunung Marapi PVMBG Ugan Saing mengatakan apabila terjadi hujan di area puncak maupun lereng Gunung Marapi maka dapat memicu banjir lahar dingin.

photo
Gunung Marapi di Agam, Sumatra Barat melontarkan material vulkanis dari kawahnya saat erupsi, Ahad, 14 Januari 2024.- (AP Photo/Givo Alputra)

Pada medio Januari 2024 PVMBG memperkirakan terdapat 500 ribu meter kubik material vulkanik yang menumpuk di sekitar kawah gunung api 2.884 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu. Ketika terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, maka endapan material vulkanik tadi dapat meluas ke sungai-sungai terutama yang berhulu dari Gunung Marapi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement