Senin 22 Apr 2024 19:59 WIB

Gempa M 5,1 Guncang Pacitan, Warga Kaget

Getaran gempa dilaporkan bisa dirasakan di sejumlah daerah.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Gempa bumi.
Foto: Reuters
(ILUSTRASI) Gempa bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, PACITAN — Gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 5,1 dirasakan di wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Senin (22/4/2024). Seperti dilansir Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa tersebut terjadi sekitar pukul 18.10 WIB, yang berpusat di 105 kilometer tenggara Kabupaten Pacitan, dengan kedalaman 10 kilometer.

Getaran gempa tersebut sempat dirasakan warga di Pacitan. “Iya, sempat kaget. (Tetangga) sampai lari ke luar rumah, mungkin takut,” kata Oki, warga Lorok, Kabupaten Pacitan.

Baca Juga

Seorang tenaga pendidik yang tinggal di wilayah Mentoro, Pacitan, Bambang, mengaku langsung bergegas keluar dari studio rekaman saat gempa terjadi. Sementara temannya memilih berlindung di bawah meja.

Saat kejadian gempa itu, Bambang mengaku tengah menunggu proses produksi rekaman audio, yang akan digunakan untuk simulasi evakuasi gempa di sekolah tempatnya mengajar.

Berdasarkan informasi dari BMKG, getaran gempa yang berpusat di tenggara Pacitan itu dapat dirasakan di sejumlah daerah lainnya, seperti Trenggalek, Gunungkidul, Wonogiri, Tulungagung, Blitar, Sukoharjo, Karangkates, Kepanjen, Bantul, Sleman, Kota Yogyakarta, Kulonprogo, Blora, Wlingi, dan Malang. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan Erwin Andriatmoko mengatakan, sebagaimana rilis BMKG, gempa yang terjadi berkekuatan M 5,1. “Saya juga merasakannya,” ujar dia.

Menurut Erwin, sejauh ini belum ada laporan kerusakan dampak gempa. “(Sementara ini) nihil,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement