Sabtu 27 Apr 2024 03:09 WIB

Pesan Legenda Timnas Indonesia untuk Garuda Muda Hadapi Semifinal Piala Asia U-23

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Irfan Fitrat
Timnas Indonesia U-23 berselebrasi seusai mencetak gol ke gawang Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari.
Foto: Dok AFC
Timnas Indonesia U-23 berselebrasi seusai mencetak gol ke gawang Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ferril Raymond Hattu mengapresiasi tim nasional (timnas) Indonesia U-23 yang mampu menembus babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Skuad Garuda Muda mencetak sejarah setelah menyingkirkan timnas Korea Selatan (Korsel) di babak perempat final.

“Prestasinya kita akui semua. Itu sudah sejarah. Tapi, ada sejarah lain yang bisa kalian torehkan di depan ini, kalau bisa main di final,” kata legenda timnas sepak bola Indonesia itu kepada Republika, Jumat (26/4/2024).

Baca Juga

Untuk itu, Ferril meminta Rizky Ridho dan kawan-kawan tidak berpuas diri dan euforia. “Kalian sudah punya modal yang memadai. Tidak ada lawan yang tidak bisa dikalahkan. Namun, sebaliknya, kalau kalian lengah, kalian dikalahkan oleh lawan,” kata mantan kapten timnas yang ikut membawa Indonesia meraih medali emas SEA Games 1991 itu.

Ferril mengingatkan skuad Garuda Muda agar fokus menghadapi pertandingan berikutnya. Di babak semifinal, timnas Indonesia akan berhadapan dengan Uzbekistan, yang mengalahkan Arab Saudi di perempat final.

Ferril meyakini tim asuhan pelatih Shin Tae-yong (STY) dapat bersaing jika fokus karena memiliki kompetensi yang tak kalah dari kontestan lain. Rizky Ridho dan kawan-kawan diharapkan dapat memahami dan menjalankan instruksi pelatih di lapangan.

“Fokus, tapi tidak tegang. Perhatikan arahan pelatih karena STY sudah memberikan semua kunci-kunci menghadapi lawan dengan berbagai situasi,” ujar dia.

Selain itu, diharapkan dukungan dari berbagai pihak untuk memotivasi timnas Indonesia U-23. “Dari manajemen, Ketua Umum (PSSI), masyarakat Indonesia, sangat positif mendukung. Pasti kita semua berdiri di belakang mereka, mendukung semua dengan berbagai cara,” kata dia.

Legenda Persebaya Surabaya itu pun berpesan kepada pasukan Garuda muda untuk berkonsentrasi penuh dan nikmati setiap pertandingan yang dijalani. Ia pun meminta seluruh pemain untuk memahami dan menjalankan instruksi pelatih

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement