Sabtu 27 Apr 2024 12:32 WIB

Pemkab Sidoarjo Terus Dorong Produk UKM Masuk Toko Ritel Modern

Pemkab Sidoarjo bekerja sama dengan Uniqlo memberi ruang untuk UKM.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Pengunjung melihat produk pelaku UKM yang difasilitasi di salah satu toko ritel modern wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (26/4/2024).
Foto: ANTARA/Indra Setiawan
Pengunjung melihat produk pelaku UKM yang difasilitasi di salah satu toko ritel modern wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (26/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, Jawa Timur, terus berupaya memfasilitasi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) agar produknya bisa lebih dikenal. Seperti dengan promosi atau pemasaran di toko ritel modern.

Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo Ruli Rochmawati mengatakan, ada berbagai produk UKM di Sidoarjo, seperti pakaian dan kuliner. Dengan masuk ke toko ritel modern, kata dia, produk UKM mempunyai kesempatan untuk bisa dikenal lebih luas dan naik kelas.

Baca Juga

“Ini menjadikan nilai tambah produk UKM warga Sidoarjo semakin naik. Terlebih saat ini banyak toko ritel modern yang ada di Sidoarjo,” kata Ruli, Jumat (26/4/2024).

Oleh karena itu, Ruli mengatakan, setiap kali ada kesempatan untuk menampilkan produk UKM, pihaknya berupaya memfasilitasi. Termasuk juga pada sejumlah kegiatan pameran. Belum lama ini, dibuka toko ritel pakaian global asal Jepang, Uniqlo, di Unimas District, Kabupaten Sidoarjo. Itu merupakan toko kedua di Sidoarjo.

Menurut Ruli, tersedia area khusus untuk menampilkan produk UKM agar bisa diapresiasi lebih banyak orang. Ada enam UKM terpilih yang produknya ditampilkan, yaitu produk kerajinan rajut, produk daur ulang, kerajinan fesyen lukis, kerajinan mainan kayu anak, kerajinan jahit ecofriendly, dan kerajinan quilting.

Ruli mengatakan, pemilihan produk UKM tersebut telah melalui proses kurasi yang dilakukan Uniqlo bekerja sama dengan Pemkab Sidoarjo dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sidoarjo. “Hal ini diharapkan mampu membantu memajukan perekonomian daerah dan juga mendukung program pemerintah untuk memajukan UKM lokal di kancah global,” kata Ruli.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement