Senin 06 May 2024 13:44 WIB

Siswa SMA Labschool Tembus Enam Universitas Top di Amerika

Minat generasi muda untuk melanjutkan studi ke luar negeri semakin meningkat.

SMA Labschool Jakarta
Foto: dokpri
SMA Labschool Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siswa SMA Labschool Jakarta Ahmad Azzam Muhammad berhasil diterima di enam Universitas Top di Amerika Serikat untuk perkuliahan pada bulan Agustus tahun 2024 ini. Siswa kelas XII itu diterima di kampus UC Davis (ranks 6); University of Wisconsin (ranks 12); Rutgers University-New Brunswick (ranks 15); The Ohio State University-Columbus (ranks 17); Purdue University-West Lafayette (ranks 17); dan University of Maryland-College Park (rank 19).

Keenam universitas tersebut merupakan universitas negeri dan swasta di Amerika Serikat yang memiliki kualitas pendidikan berstandar dunia dan mempunyai fasilitas pendidikan yang canggih dengan deretan professor yang memiliki kredibilitas yang tinggi di dalam dunia pendidikan internasional.

"Tentunya hasil ini diraih dengan nilai akademik yang baik saat masih duduk di bangku sekolah, melalui didikan para guru serta pengajar dari SMP dan SMA Labschool Jakarta yang sangat berkualitas, kompeten, dan berwawasan global," ungkap Kepala SMA Labschool Jakarta, Suparno Sastro, dalam siaran pers, Senin (6/5/2024).

"Secara teknis, sekolah menyiapkan dari surat rekomendasi, nilai rapor, dokumen profil sekolah, ijazah, proses pengiriman dokumen secara elektronik, dan non-elektronik," jelasnya menambahkan.

"Ini menunjukan bahwa Azzam memiliki kualitas yang sangat berkompeten dari segi akademis dan leadership berorganisasi sehingga dapat diperhitungkan serta diapresiasi oleh universitas di Amerika Serikat," lanjut Suparno.

Suparno mengatakan, minat generasi muda untuk melanjutkan studi ke luar negeri semakin meningkat, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa yang tersedia pun semakin beragam. Hal ini menurut dia menjadi peluang bagi Indonesia untuk mencetak dan memanfaatkan generasi terpelajar menuju Indonesia Emas 2045. Tren melanjutkan studi ke luar negeri yang terus meningkat membuat kita juga perlu memahami konsultan Pendidikan internasional di indonesia yang berkualitas.

Perjalanan Azzam  meraih capaian beasiswa ini dilakukan dalam program persiapan studi di luar negeri. Dia behasil mendapatkan skor 7.5 pada tes resmi IELTS nya di British Council Indonesia pada bulan Juli 2023 lalu dan didukung dengan kemampuan menulis essay yang baik.

"Harapannya, dengan masuknya saya ke universitas terbaik di Amerika Serikat akan membuka jalan bagi para pemuda Indonesia lainnya untuk tetap mempertahankan impiannya untuk melanjutkan studinya ke luar negeri," kata Ahmad Azzam Muhammad.

Menurut Azzam, dukungan kuat dari civitas SMA Labschool Jakarta seperti Kepala Sekolah, yang juga pernah meraih penghargaan 'Leader in Multicultural Education Award' dalam ajang World School Summit 2024, telah turut membantu memberikan motivasi yang kuat serta mempersiapkan segala sesuatu keperluan dokumen yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan aplikasi Azzam dalam pendaftarannya ke universitas di Amerika Serikat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement