Kamis 06 Jun 2024 16:11 WIB

Jelang Idul Adha, Harga Jual Hewan Kurban dan Pangan di DIY Masih Stabil 

Ketersediaan pangan masih mencukupi, maupun harga pangan masih relatif.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi kurban, Idul Adha
Foto: Republika /mgrol101
Ilustrasi kurban, Idul Adha

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Kepala Biro Administrasi dan Perekonomian dan Sumber Daya Alam Pemda DIY, Yuna Pancawati mengatakan bahwa harga hewan kurban menjelang Idul Adha 2024 ini masih relatif stabil. Hal ini berdasarkan pemantauan yang sudah dilakukan di peternak maupun di pasar-pasar hewan yang ada di DIY. 

"Harga-harga hewan kurban terutama sapi rata-rata Rp 22 juta sampai Rp 26 juta per ekor," kata Yuna dalam keterangan resminya, Rabu (5/6/2024). 

Begitu pun dengan ketersediaan hewan kurban juga dinilai cukup. Meski di Kota Yogyakarta dikatakan masih minim dikarenakan keterbatasan lahan, namun hewan untuk kurban didatangkan dari luar untuk mencukupi kebutuhan Idul Adha.  

"Kondisi hewan sehat dan ketersedian cukup, dan harga relatif stabil," ucap Yuna. 

Tidak hanya hewan ternak, pemantauan terhadap pangan juga dilakukan menjelang Idul Adha 2024 ini. Secara umum, kata Yuna, untuk ketersediaan pangan masih mencukupi, maupun harga pangan masih relatif. 

Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta, Aman Yuriadijaya mengatakan bahwa Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Yogyakarta telah memberikan sosialisasi dalam rangka menyambut Idul Adha. Mulai dari teknis pemotongan hewan kurban, pengawasan kesehatan hewan kurban di tempat penjualan dan di lokasi penyembelihan di masyarakat.

"Ada aspek-aspek teknis yang sudah kita berikan kepada seluruh pemangku kepentingan. Nanti akan ada pengawasan lewat tempat-tempat titik pemotongan (hewan kurban) yang ada di masyarakat," kata Aman. 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement