Kamis 06 Jun 2024 16:30 WIB

Mahasiswa Amikom Meniti Karier Melalui Pengalaman Magang MSIB di Dyandra Promosindo

Bintang berkomunikasi dengan mentor maupun karyawan lainnya agar tidak kebingungan.

Program dari Kampus Merdeka yaitu Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MISB) dengan mitra Dyandra Promosindo, perusahaan profesional exhibition organizer yang berdiri sejak tahun 1994.
Foto: dokpri
Program dari Kampus Merdeka yaitu Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MISB) dengan mitra Dyandra Promosindo, perusahaan profesional exhibition organizer yang berdiri sejak tahun 1994.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Sebagai mahasiswa, salah satu kewajiban agar bisa lulus yaitu melakukan kegiatan magang atau praktik kerja agar mahasiswa dapat mempraktikan ilmu yang sudah diberikan pada saat pembelajaran di kelas oleh dosen di kampus.

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah suatu program Kampus Merdeka yang dibuat oleh Kemendikbudristek. Banyaknya peminat di program ini dikarenakan program tersebut mampu men konversi 20 SKS, diselenggarakan selama lima bulan atau selama satu semester, mendapatkan mentor, serta mahasiswa mendapatkan Biaya Bantuan Hidup (BBH).

Pada kesempatan magang kali ini, salah satu mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta, Bintang Raditya, mengikuti program dari Kampus Merdeka yaitu MSIB dengan mitra Dyandra Promosindo, perusahaan profesional exhibition organizer yang berdiri sejak tahun 1994. Dyandra Promosindo merupakan salah satu subholding dari Dyandra Media International yang merupakan bagian dari Kompas Gramedia.

Dyandra Promosindo telah berhasil menyelenggarakan lebih dari 800 pameran berskala nasional dan internasional di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali dan kota-kota besar lain di Indonesia. 

Perusahaan Dyandra Promosindo memiliki banyak divisi pekerjaan salah satunya yaitu Multimedia Analyst (Videographer, Photographer, & Editor), yang merupakan divisi yang Bintang tempati pada saat kegiatan magang. 

"Selama kegiatan magang berlangsung saya menjadi bagian tim di acara IIMS (Indonesia International Motor Show) sebagai editor, fotografer, video dokumentasi. Sedangkan PEVS (Periklindo Electric Vehicle Show) saya bertugas sebagai editor, fotografer, video dokumentasi, dan RUPS (Rapat Pemegang Saham Perusahaan) sebagai operator kamera live, serta tugas lainnya," katanya.

Dalam melaksanakan tugas, Bintang berkomunikasi dengan mentor maupun karyawan lainnya agar tidak kebingungan saat mengerjakan tugas dan membangun hubungan yang baik. 

"Selama saya melaksanakan kegiatan magang banyak sekali ilmu baru yang di dapatkan yaitu mengatur waktu sebaik mungkin, mengoptimalkan alat yang digunakan, mempelajari editing, belajar disiplin, memahami pekerjaan dunia event dan bertanggung jawab," katanya.

Bintang pun sepakat agar mahasiswa memiliki pengalaman lebih untuk mempersiapkan sebelum terjun ke dunia kerja baik secara pemikiran dan mental agar mahasiswa dapat bersaing dengan pekerja lainnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement