Jumat 14 Jun 2024 09:25 WIB

Solo Ditetapkan Sebagai Tuan Rumah PEPARNAS 2024 Oktober Mendatang 

NPC Indonesia pernah memohonkan penyelenggaraan PEPARNAS bisa dilaksanakan di Jateng.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Menpora Dito Ariotedjo (tengah)
Foto: REPUBLIKA/Israr Itah
Menpora Dito Ariotedjo (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkapkan Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) Tahun 2024 akan digelar di Solo. 

Dito mengatakan keputusan tersebut diambil usai rapat soal pembahasan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara dan PEPARNAS yang dipimpin Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (13/06/2024) kemarin. Dalam rapat tersebut, Presiden meminta agar penyelenggaraan PON XXI dan PEPARNAS XVII Tahun 2024 dapat dilakukan tepat waktu.
 
"Dalam rapat tadi memutuskan menyetujui terkait dengan pelaksanaan PEPARNAS 2024 sesuai dengan permohonan dan permintaan dari NPC, kami setuju untuk tuan rumah PEPARNAS 2024 di Solo, Jawa Tengah. Kami ini langsung persiapan, karena Insya Allah untuk PEPARNAS akan dilaksanakan di 6 Oktober sampai 13 Oktober," kata Dito melalui keterangan tertulis, Jumat (14/6/2024).
 
Pemerintah akhirnya menyampaikan aspirasi dari National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, sesuai rapat kerja nasional yang sempat mereka lakukan belum lama ini.
 
Pihaknya menjelaskan sebelumnya NPC Indonesia pernah memohonkan penyelenggaraan PEPARNAS bisa dilaksanakan di Jawa Tengah, khususnya di Solo. Pemerintah sangat memahami aspirasinya karena memang Surakarta merupakan tuan rumah dari ASEAN Para Games 2022 baru-baru. 
 
"Dari seluruh venue dan juga peralatan terkait dengan olahraga disabilitas atau paralimpiade semuanya tersedia di Solo," katanya.
 
Dito juga mengatakan pemerintah akan menyiapkan anggarannya. Semua kebutuhan PON dan PEPARNAS akan disiapkan, dan presiden mengharapkan persiapan dan penyelenggaraan dua event ini bisa digelar sebaik mungkin.
 
"Yang jadi perhatian dari bapak Presiden adalah tentunya bagaimana penyelenggaraan PON dan PEPARNAS bisa sukses secara administrasi, sukses secara penyelenggaraan, dan sukses secara prestasi. Jadi yang menjadi konsen kami adalah bagaimana memastikan pembangunan venue di Aceh-Sumut untuk renovasi pemugaran semuanya bisa selesai tepat waktu. Kami akan membentuk satgas pemantauan dan percepatan PON dan PEPARNAS," katanya. 
 
Wasekjen NPC Indonesia Rima Ferdianto dengan adanya pengumuman ini, NPC Indonesia saat ini tinggal menunggu SK resmi dari Menpora terbaru terkait penetapan Solo dan kabupaten sekitarnya sebagai venue PEPARNAS.
 
"Menpora kemarin menyatakan bahwa anggaran akan dipenuhi semuanya full dari APBN sehingga tidak membebani pemerintah kota Solo sekitarnya, maupun Jawa Tengah," katanya mengakhiri. 
 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement