Jumat 28 Jun 2024 07:06 WIB

Pelatih Ungkap Alasan Timnas U-16 Bisa Balikkan Keadaan Lawan Laos

Semua pemain telah mendapatkan menit dan pengalaman bermain pada ajang AFF U-16.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Pesepak bola Timnas Indonesia I Putu Panji Apriawan (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Laos Ki Mounkanyah (kanan) pada pertandingan penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (27/6/2024). Timnas Indonesia menang atas Laos dengan skor 6-1.
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Pesepak bola Timnas Indonesia I Putu Panji Apriawan (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Laos Ki Mounkanyah (kanan) pada pertandingan penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (27/6/2024). Timnas Indonesia menang atas Laos dengan skor 6-1.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Timnas U-16 Indonesia berhasil mengalahkan Laos dengan skor 6-1 di pertandingan penentuan juara grup A yang digelar di Stadion Manahan Solo, Kamis (27/6/2024). 

Garuda muda sebelumnya sempat kecolongan gol di menit-menit awal pertandingan melalui tendangan penalti yang sukses dieksekusi pemain Laos Phayak Siphanom. Namun, setelah gol dari Muhamad Zahaby Gholy Indonesia berhasil menyamakan kedudukan dan membalikkan keadaan di penghujung babak pertama Indonesia melalui gol I Putu Panji Apriawan sehingga skor menjadi 2-1. 

 

Menanggapi hal tersebut, Pelatih timnas  U-16, Nova Arianto mengaku pihaknya sempat kaget atas gol yang diciptakan Laos. Ia mengatakan penyebabnya karena Garuda muda terlalu bersemangat menyerang hingga kecolongan. 

 

"Ya pasti gol itu membuat kita kaget. Itu biasa terjadi karena di menit awal terkadang kita menggebu-gebu untuk menyerang tapi kita kecolongan dengan gol penalti," kata Nova usai pertandingan, Kamis (27/6/2024). 

 

Nova mengungkapkan faktor kunci Indonesia bisa membalikkan keadaan karena mental para anak asuhnya. Menurutnya dengan ketenangan mental membuka kesempatan Garuda muda terus mencetak gol. Buktinya setelah itu, Indonesia berhasil mencetak 4 gol lagi dan menutup kemenangan menjadi 6-1. 

 

"Saya bersyukur secara mental pemain tetap kuat dan tetap tenang untuk kita mencetak gol kembali. Termasuk gol-gol yang terjadi itu sudah kita persiapan semoga pemain bisa lebih percaya diri lagi dengan 6 gol ini di semifinal dan lebih maksimal," katanya. 

 

Di sisi lain, Nova mengapresiasi kerja keras anak asuhnya. Ia juga bersyukur semua pemain telah mendapatkan menit dan pengalaman bermain di ajang AFF U-16 tersebut. 

photo
Pesepak bola Timnas Indonesia Josh Holong Junior (kedua kiri) ketika mencetak gol melalui sundulan kepala ke gawang Laos pada pertandingan penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (27/6/2024). Timnas Indonesia menang atas Laos dengan skor 6-1. - (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

 

"Yang pertama saya mengucapkan terima kasih kepada pemain saya yang sudah berjuang maksimal di pertandingan hari ini sekali lagi saya tidak melihat hasil saya selalu bersyukur," katanya. 

 

"Kalau secara konsep awalnya kan ke-23 pemain bisa tampil di AFF dan saya bersyukur semua pemain bisa tampil. Rata rata sudah berusaha maksimal tapi ada beberapa yang saya lihat masih ada kekurangan kedepannya di pertandingan semifinal semoga pemain bisa lebih siap lagi," katanya. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement