Ahad 06 Oct 2024 00:24 WIB

Jadi Wakil Ketua MPR, Ibas Janji Perhatikan Kesejahteraan Rakyat

Ibas mengaku akan membangun kolaborasi dengan pemerintah ke depannya.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Karta Raharja Ucu
Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024).
Foto: Antara/Walda Marison
Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas dilantik menjadi Wakil Ketua MPR RI periode 2024-2029, Kamis (4/10/2024). Putra Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berjanji akan memperhatikan kesejahteraan rakyat.

Ibas mengatakan, MPR merupakan rumah kebangsaan bagi masyarakat Indonesia. Karena itu, menurut Ibas lembaga itu adalah tempat yang ideal untuk dapat memperkuat idealisme masyarakat terhadap kebangsaan.

"Semoga kami sebagai anggota MPR RI dan seluruh masyarakat yang ada di indonesia dapat memperkuat dan memperkokoh idealisme kita tentang kebangsaan, sekaligus juga kami harus aktif dan bekerja keras memastikan kesejahteraan keadilan dapat dirasakan di seluruh Tanah Air," kata dia melalui keterangannya, Sabtu (5/10/2024).

Sebagai Wakil Ketua MPR, Ibas mengaku akan membangun kolaborasi dengan pemerintah ke depannya. Hal itu dilakukan agar ke depannya bangsa Indonesia dapat lebih demokratis, lebih aman, adil, dan maju.

"Saya dan keluarga besar Partai Demokrat berbahagia kembali hari ini ke Gedung MPR RI untuk menghadiri acara pelantikan atau penetapan Pimpinan MPR RI setelah dua hari yang lalu sama-sama pelantikan sumpah bagi anggota DPR/DPD RI yang baru untuk periode 2024-2029," kata Ibas.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menilai, Ibas rekam jejak dan pengalaman di dunia politik, khususnya di parlemen. Menurut dia, selama ini Ibas selalu menjalankan tugas dan amanah sebaik-baiknya di Senayan.

"Mengawal isu-isu kebangsaan yg selama ini dikelola MPR RI dan tentunya kita ingin mengawal lima tahun ke depanz Indonesia bisa makin maju, makin sejahtera, di bawah kepemimpinan presiden terpilih," kata AHY yang juga kakak kandung Ibas tersebut.

Karena itu, AHY berpesan kepada adiknya itu agar dapat mengawal pemerintahan dari MPR. Menurut dia, MPR juga harus bisa berkolaborasi dalam mengawal isu kebangsaan dan rakyat.

"Insya Allah Indonesia akan semakin baik ke depan," kata AHY.

Diketahui, Ibas memulai karier di dunia politik dengan bergabung ke Partai Demokrat, partai yang didirikan ayahnya. Ia terjun langsung ke arena politik praktis dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI pada Pemilu 2009.

Dalam pemilihan tersebut, Ibas berhasil terpilih sebagai wakil rakyat mewakili daerah pemilihan Jawa Timur (Jatim) VII yang meliputi Ngawi, Ponorogo, Trenggalek, Pacitan, dan Magetan. Keberhasilannya ini menandai awal dari kiprah Ibas di parlemen. Ia kembali terpilih menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019 di Komisi VI.

Tak hanya sekadar lolos Senayan, Ibas juga selalu masuk di dalam jajaran caleg dengan perolehan suara terbanyak di setiap pemilu sejak 2009. Ibas meraih 327.097 suara di Pemilu 2009, kemudian 243.747 suara di Pemilu 2014, lalu 263.510 suara di Pemilu 2019, serta 318.223 suara di Pemilu 2024.

Sebagai anggota dewan, jabatan yang pernah diemban Ibas antara lain yaitu Anggota Komisi I DPR RI periode 2009-2014, Anggota Komisi X DPR RI periode 2014-2019, Ketua Fraksi Partai Demokrat periode 2014-2019, Anggota Komisi VI DPR RI periode 2019-2024, Wakil Ketua Banggar DPR RI periode 2019-2024, dan Ketua Fraksi Partai Demokrat periode 2019-2024. Serta teranyar sebagai Wakil Ketua MPR RI Fraksi Partai Demokrat.

Adapun jejak kariernya di Partai Demokrat yaitu menjadi anggota sejak 2001, Koordinator Wilayah DKI Jakarta, Koordinator Wilayah Jawa Timur, Ketua Departemen Kaderisasi DPP Partai Demokrat periode 2005-2019, Ketua Komisi Pemenangan Pemilu Partai Demokrat periode 2014-2019, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat periode 2010-2015, dan terkini sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat periode 2020-2025.

Ibas dikenal bukan hanya sekadar wakil rakyat yang datang menyapa dapil jelang pemilu saja. Ia juga memberikan bantuan kepada masyarakat di dapilnya. Sejumlah bantuan yang pernah diberikan ibas kepada masyarakat di dapilnya antara lain sembako hingga alat panen padi dan pengawalan program unit pengolahan pupuk organik (UPPO).  

Putra bungsu SBY itu juga pernah turun hingga ke pelosok desa di dapilnya untuk mengawall Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) secara langsung. Kemudian, Ibas juga kerap menggelar operasi pasar murah hingga memberikan bantuan modal kepada UMKM untuk membantu meringankan beban masyarakat di dapilnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement