Senin 27 Jan 2025 07:54 WIB

Rayakan Hubungan 40 Tahun Yogyakarta-Kyoto, Bakpia Tugu Luncurkan Varian Baru

Keunikan produk ini semakin diperkuat dengan kemasan eksklusif bergambar Doraemon.

Peluncuran varian terbaru Bakpia Kukus Tugu Jogja, yakni Matcha, di Store Resmi Bakpia Kukus Tugu Jogja Gondomanan, Yogyakarta, Sabtu (26/1/2025). Peluncuran tersebut menandai perayaan 40 tahun hubungan sister province antara DIY dan Kyoto, Jepang.
Foto: Republika/Fernan Rahadi
Peluncuran varian terbaru Bakpia Kukus Tugu Jogja, yakni Matcha, di Store Resmi Bakpia Kukus Tugu Jogja Gondomanan, Yogyakarta, Sabtu (26/1/2025). Peluncuran tersebut menandai perayaan 40 tahun hubungan sister province antara DIY dan Kyoto, Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Menandai perayaan 40 tahun hubungan sister province antara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Kyoto, Jepang, Bakpia Kukus Tugu Jogja meluncurkan varian terbaru, yakni Matcha. Produk ini memadukan kelembutan khas bakpia kukus dengan cita rasa autentik Matcha, yang berasal dari Kyoto dan dikenal sebagai salah satu matcha terbaik di dunia.

Relasi sister province antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kyoto, Jepang, telah terjalin sejak tahun 1985. Kolaborasi ini menjadi simbol persahabatan yang harmonis antara dua wilayah yang kaya budaya tersebut.

Peluncuran Bakpia Kukus Tugu Jogja varian Matcha juga semakin istimewa dengan kolaborasi bersama karakter ikonik Doraemon yang menghiasi kemasan produknya. Doraemon, yang telah menjadi simbol nostalgia dan kegembiraan lintas generasi, dipilih untuk memberikan sentuhan unik sekaligus memperkuat nuansa Jepang dalam produk ini.

Kehadirannya tidak hanya mempercantik tampilan kemasan, tetapi juga mengajak konsumen untuk merasakan kehangatan cerita dan budaya yang menghubungkan Yogyakarta dengan Kyoto. Kolaborasi ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pecinta kuliner dan penggemar Doraemon di Indonesia. Tak heran jika varian Matcha terjual ratusan box pada hari pertama peluncuran pada Store Resmi Bakpia Kukus Tugu Jogja Gondomanan, Ahad (26/1/2025).

Marketing Director Bakpia Kukus Tugu Jogja, Nanang Siswanto, menyampaikan bahwa kehadiran varian ini mencerminkan semangat brand untuk terus bereksperimen dengan inovasi tanpa melupakan nilai lokal.

"Sebagai brand lokal, kami percaya bahwa inovasi adalah kunci untuk tetap relevan. Dengan menghadirkan varian Matcha Jepang, kami ingin menunjukkan bahwa kolaborasi budaya dapat menciptakan sesuatu yang unik dan bermakna, tidak hanya dari segi rasa tetapi juga nilai cerita di baliknya. Produk ini adalah wujud apresiasi kami terhadap hubungan budaya yang kuat antara Yogyakarta dan Kyoto," jelasnya.

Keunikan produk ini semakin diperkuat dengan kemasan eksklusif bergambar Doraemon, karakter legendaris Jepang yang disukai lintas generasi. “Kami memilih menghadirkan Doraemon karena ia adalah simbol yang membawa kebahagiaan dan kedekatan bagi banyak orang. Harapannya karakter Doraemon bisa menjadikan varian ini tidak hanya menarik dari segi rasa tetapi juga visual," katanya menambahkan.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi, pun menyoroti pentingnya hubungan sister province yang telah lama terjalin sebagai fondasi dari kolaborasi budaya seperti ini. "Yogyakarta dan Kyoto telah menjalin hubungan sister province sejak 1985, dan selama 40 tahun ini kami telah belajar banyak satu sama lain, baik dalam seni, tradisi, maupun filosofi hidup. Kehadiran Bakpia Kukus Tugu Jogja varian Matcha Jepang adalah salah satu contoh bagaimana hubungan ini bisa menginspirasi inovasi di berbagai sektor, termasuk kuliner,” ungkapnya.

Dengan semangat inovasi dan kolaborasi, Bakpia Kukus Tugu Jogja berharap varian Matcha Jepang ini dapat terus memperkuat posisinya sebagai merek lokal yang membawa nilai budaya sekaligus inovasi modern. Ke depannya, kolaborasi yang inovatif ini juga bisa menjadi langkah awal dari berbagai kolaborasi lintas budaya lainnya di masa mendatang

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement