REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pluang, aplikasi trading multi-aset di Indonesia meluncurkan Ultimate Trading Championship (UTC), sebuah kompetisi trading yang dirancang untuk mendorong inklusi finansial, khususnya bagi para investor dan trader muda Indonesia. Pluang saat ini telah memiliki lebih dari 11,7 juta pengguna terdaftar.
Melalui UTC, aplikasi investasi dan trading multi-aset yang memiliki lebih dari 1.000 pilihan aset kripto, saham dan ETF AS, reksa dana, dan emas digital siap untuk mengedukasi serta memberikan ruang bagi masyarakat luas untuk unjuk gigi cara trading dan investasi melalui mekanisme yang seru, interaktif, dan kompetitif, sekaligus memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk mengembangkan keterampilan finansial dan meraih total hadiah sebesar Rp 288 juta.
UTC akan berlangsung dari 13 Februari hingga 31 Mei 2025, terbuka untuk semua pengguna Pluang, baik investor pemula hingga trader handal.
Kompetisi trading UTC ini dirancang untuk menangkap momentum meningkatnya minat masyarakat dalam memanfaatkan layanan keuangan, termasuk investasi. Hal ini sejalan dengan temuan OJK dalam Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024, yang mencatat tingkat inklusi keuangan telah mencapai lebih dari 65 persen. Angka ini mengalami lonjakan hampir 22 persen dalam satu dekade terakhir, mencerminkan peningkatan edukasi finansial di kalangan masyarakat Indonesia.
Di sisi lain, jumlah investor aset kripto juga tumbuh sebesar 18% secara tahun-per-tahun sepanjang 2024, mencerminkan meningkatnya minat masyarakat dalam berinvestasi di aset digital. Minat ini terus berkembang seiring dengan semakin beragamnya pilihan aset investasi yang tersedia saat ini.
Ultimate Trading Championship (UTC) menghadirkan kompetisi trading yang berbeda dari yang lain dengan menciptakan peluang yang adil bagi semua peserta. Peserta akan dikelompokkan dalam tiga kategori berdasarkan AUM (Asset Under Management) untuk memastikan persaingan yang seimbang, yaitu Challenger (AUM di bawah Rp10 juta), Elite (AUM Rp10 juta - Rp100 juta), dan Legend (AUM di atas Rp100 juta) sehingga mereka bisa bersaing murni dengan seimbang berdasarkan strategi dan kemampuan trading mereka.
Semua peserta dalam ketiga kategori dapat bertanding dalam 2 Leaderboard, yaitu:
Leaderboard Profit dalam Rupiah (IDR P&L), dimana Pemenang ditentukan berdasarkan keuntungan absolut dalam Rupiah.
Leaderboard Profit dalam Persentase (%P&L), dimana Pemenang ditentukan berdasarkan persentase keuntungan tertinggi, memberikan kesempatan bagi semua peserta untuk menang, terlepas dari jumlah modal yang dimiliki.
Setelah tiga pekan berjalan, sudah ada lebih dari 10 ribu pengguna yang berpartisipasi dalam UTC, dengan keuntungan dalam persentase (%P&L) tertinggi sebesar 392 persen, dan keuntungan dalam Rupiah (IDR P&L) tertinggi sebesar Rp 73 juta. Sebanyak 75 persen adalah generasi muda produktif di bawah 35 tahun, dimana banyak dari mereka yang baru memulai perjalanan investasinya.
“UTC ini adalah bentuk upaya Pluang meningkatkan inklusi finansial di Indonesia dengan membuka kesempatan bagi investor pemula untuk mengaplikasikan strategi investasi dan cara trading mereka dengan lebih aktif tanpa takut risiko tinggi atau keterbatasan modal," kata Director of Marketing and Growth Pluang, Andreas Agung Hendrawan.
Selain itu, UTC juga menjadi wadah bagi investor berpengalaman untuk berbagi inspirasi dan meningkatkan keterampilan trading mereka. "Di mana kami juga menggunakan kanal Discord sebagai wadah utama untuk saling berbagi sinyal dan informasi pasar teranyar untuk mendukung kesuksesan para trader," ujarnya.
Peserta dapat memanfaatkan fitur dan produk yang tersedia di aplikasi Pluang untuk memaksimalkan strategi trading di segala kondisi pasar seperti Pro Features, Opsi Saham AS, dan Crypto Futures. Kompetisi ini juga memberikan pengalaman belajar yang nyata, dimana peserta bisa memahami cara kerja pasar dan mengasah strategi investasi mereka sambil berkompetisi.
Salah satu daya tarik utama UTC adalah tambahan keuntungan sebagai bonus dari Pluang, di mana peserta yang masuk dalam jajaran Leaderboard Pemenang akan memperoleh keuntungan tambahan oleh Pluang.
Contoh, jika seorang peserta berhasil meraih keuntungan sebesar Rp 15 juta selama periode kompetisi dan masuk dalam Leaderboard Pemenang, maka ia bisa mendapatkan hadiah hingga Rp 75 juta dari Pluang, diluar keuntungan awalnya.