Rabu 07 Dec 2022 17:34 WIB

Wabup Sleman Ajak Seluruh Pihak Bangun Kepedulian untuk Disabilitas

Cara tersebut dapat dimaknai bentuk pengakuan eksistensi penyandang disabilitas.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Penyandang disabilitas / Ilustrasi
Foto: About Islam
Penyandang disabilitas / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, hadir  pada acara puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tingkat Kabupaten Sleman di Gedung Serbaguna, Rabu (7/12/2022). Danang mengatakan, acara tersebut dapat dimaknai sebagai sebuah bentuk pengakuan akan eksistensi penyandang disabilitas dan peneguhan komitmen seluruh warga masyarakat untuk membangun kepedulian terhadap penyandang disabilitas.

"Melalui kegiatan ini (peringatan HDI), mungkin sebagian dari kita baru mengetahui bahwa teman-teman disabilitas memiliki potensi dan kreativitas yang luar biasa. Maka dari itu saya mengajak semua pihak untuk memberikan perhatian, mendampingi, dan memberikan hak yang sama bagi penyandang disabilitas," kata Danang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/12/2022).

Danang menuturkan, semua manusia memiliki hak yang sama untuk hidup, mendapatkan kehidupan layak, hak beraktivitas, dan hak mendapatkan perlakuan yang sama antar sesama manusia. Danang juga mendorong penyandang disabilitas untuk terus bergerak ikut andil dalam pembangunan dan menciptakan perekonomian yang lebih baik khususnya di Sleman.

Danang juga menegaskan kembali komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman untuk meningkatkan kesetaraan, kesempatan dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Hal tersebut diwujudkan dengan membangun infrastruktur yang accessible untuk menciptakan lingkungan nyaman dan ramah bagi penyandang disabilitas, dan kebijakan pembangunan juga akan berpihak kepada penyandang disabilitas.

 

Ketua Panitia HDI Sleman, Erisna mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut merupakan bagian rasa syukur sekaligus eksistensi penyandang disabilitas khususnya di wilayah Sleman. Eksistensi tersebut diwujudkan dalam berbagai rangkaian peringatan HDI tahun 2022, salah satunya penyelenggaraan Bazar UMKM yang diikuti oleh penyandang disabilitas dari 17 Kapanewon di Kabupaten Sleman. 

Dalam kesempatan itu, Danang juga berkesempatan menyerahkan penghargaan bagi kejuaraan lomba melukis yang merupakan rangkaian dari HDI 2022. Selain itu juga terdapat penampilan seni tari yang diperankan oleh penyandang disabilitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement