Jumat 05 Mar 2021 15:40 WIB

Citilink Jajaki Rute Penerbangan ke Purbalingga

Citilink menjajaki rute Jakarta Purbalingga dan Purbalingga Surabaya.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Pesawat maskapai Citilink parkir di salah satu bandara di wilayah kerja Angkasa Pura II.
Foto: dok AP II
Pesawat maskapai Citilink parkir di salah satu bandara di wilayah kerja Angkasa Pura II.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Maskapai penerbangan Citilink Indonesia hampir dipastikan akan menjadi maskapai pertama yang melayani rute penerbangan dari Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Vice Presiden Operation Planning Control & Support Citilink, Joko Suprapto, di Purbalingga, Jumat (5/3).

Dia mengaku datang langsung ke Purbalingga dalam rangka koordinasi dengan Pemkab Purbalingga, PT Angkasa Pura II Cabang Purbalingga, Pangkalan Udara (Lanud) JBS, dan AirNav Indonesia, dalam rangka proving flight (penerbangan ujicoba) pesawat ATR 72 di Bandara JBS. ''Kami tertarik dengan rute baru penerbangan di Bandara Purbalingga ini,'' katanya.

Baca Juga

Dia memperkirakan, Citilink sebagai lini usaha Low Cost Carrier  (LCC) atau maskapai bertarif hemat milik Garuda, akan melayani dua rute penerbangan yang singgah di Bandara Purbalingga. Yalni, rute Halim Perdana Kusuma Jakarta (HLP) – Purbalingga (PWL) dan Purbalingga-Surabaya (SUB) pulang pergi.

Joko mengaku optimistis dengan rute penerbangan ini, karena potensi penumpang yang cukup besar dari Kabupaten Purbalingga dan beberapa Kabupaten tetangga.  Di Purbalingga ada banyak industri rambut palsu yang sebagian merupakan  Penanaman Modal Asing (PMA).

 

 Selain itu, bendara ini juga dekat dengan destinasi wisata utama seperti Dataran Tinggi Dieng di Kabupaten  Banjarnegara-Wonosobo, dan potensi ekonomi yang pesat di wilayah kabupaten sekitar Purbalingga.

Dia menyebutkan, citilink saat ini telah memiliki 7 unit pesawat jenis ATR 72-600. Pada tahun 2021 ini, Citilink kebetulan akan melakukan penambahan armada berupa 5 pesawat jenis ATR 72-600. ''Penambahan pesawat ini, untuk mengoptimalkan pangsa pasar rute penerbangan domestik,'' katanya.

Asisten Administrasi Pembangunan  Setda Purbalingga Agus Winarno, menyatakan sangat mendukung rencana maskapai penerbangan Citilink yang akan membuka rute menuju dan dari Purbalingga.

''Pemkab Purbalingga sangat mendukung rencana citilink melayani rute penerbangan dari dan menuju  bandara  JBS Purbalingga. Untuk itu,  Pemkab Purbalingga  akan memberikan dukungan promosi dan sosialisasi pada citilink terkait rute penerbangan ini,'' katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement