Jumat 02 Apr 2021 14:29 WIB

Rektor UMP Kembangkan Kampus sebagai Kampus Wisata

UMP telah memiliki berbagai potensi yang bisa dikembangkan sebagai obyek wisata.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Muhammadiyah Purwokerto UMP
Foto: DOK UMP
Universitas Muhammadiyah Purwokerto UMP

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTPO -- Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dr Jebul Suroso, membuat terobosan baru pada kampus yang dipimpinnya. Selain menjadikan UMP sebagai pusat pendidikan, dia juga menyatakan akan mengembangkan UMP sebagai kampus wisata.

''Pengembangan UMP sebagai kampus wisata ini bertujuan untuk menginspirasi para mahasiswa untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, sekaligus meningkatkan opsi wisata alternatif di Purwokerto,'' jelasnya, Kamis (1/4).

Baca Juga

Dia menyebutkan, saat ini UMP telah memiliki berbagai potensi yang bisa dikembangkan sebagai obyek wisata. Antara lain, kebun plasma nutfah kelapa kopyor yang sudah dilengkapi dengan danau buatan, kantin dan asrama.

''Disini, mahasiswa bisa belajar sambil menikmati suasana yang asri,'' katanya.

Menurutnya, pengembangan wisata kampus perlu dimunculkan mengingat potensinya sangat besar. Dengan hasil-hasil penelitian para civitas akademika, kampus dengan berbagai fasilitasnya, bisa dikembangkan sebagai obyek wisata edukasi.

Dia juga menyatakan, saat ini UMP telah memiliki berbagai spot foto yang instagramable. Antara lain seperti taman di dalam lingkungan kampus I, daerah sekitar masjid kampus, dan samping Unit Kegiatan Mahasiswa.

''Kami berharap, UMP ke depan bisa menyajikan obyek wisata edukasi yang menyajikan sejarah tentang perkembangan peradaban Islam. Dengan upaya tersebut, kehadiran wisata kampus dapat semakin menambah ciri khas wisata yang ada di Purwokerto,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement