Jumat 28 May 2021 09:57 WIB

Vaksinasi Lansia di Yogya Ditargetkan Segera Selesai

Sekitar 70 persen Lansia di Kota Yogyakarta telah mendapatkan vaksinasi Covid.

Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia (ilustrasi)
Foto:

Heroe meminta pengurus RT/RW melakukan sosialisasi sekaligus mengajak lansia yang belum mendaftar vaksinasi untuk segera mendaftar dan bagi lansia yang sudah mendaftar segera melakukan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

"Datang saja ke puskesmas atau rumah sakit. Kapasitas vaksinasi setiap fasilitas pelayanan kesehatan berbeda-beda. Ada yang 200 sampai 250 dosis per hari, ada juga yang 100 dosis per hari," katanya.

Selain lansia, Kota Yogyakarta juga mengintensifkan vaksinasi berbagai sasaran, seperti tokoh agama, pemuka masyarakat, relawan, hingga masyarakat umum. "Khususnya bagi warga yang memiliki mobilitas tinggi, kerap bertemu banyak orang tentu akan menjadi prioritas penerima vaksin. Pemberian vaksin memang dilakukan bertahap," katanya.

Program vaksinasi yang dilakukan di Kota Yogyakarta saat ini menggunakan dua jenis vaksin yaitu Sinovac dan AstraZeneca. Ketua Pansus Covid-19 DPRD Kota Yogyakarta Fokki Ardiyanto berharap, vaksinasi untuk sasaran lansia dan pelayan publik perlu segera dituntaskan untuk mendukung upaya pengendalian kasus Covid-19 di Yogyakarta.

 

"Kami juga mendorong pemerintah daerah untuk mengantisipasi potensi lonjakan kasus Covid-19 usai libur Lebaran yang diperkirakan terjadi pekan depan. Ketersediaan bed di rumah sakit dan oksigen juga harus disiapkan termasuk bantuan makanan bagi warga yang menjalani isolasi mandiri," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement