Rabu 15 Sep 2021 14:59 WIB

TMMD Sengkuyung Lanjutkan Bangun Jalan Tegalpingen-Tumanggal

Kedua desa akan terhubung ruas jalan yang bisa dilalui kendaraan roda empat.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Sejumlah anggota TNI dan masyarakat tengah melakukan pengadaan material pengaspalan jalan yang merupakan bagian dari program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).
Foto: dok. Kodim
Sejumlah anggota TNI dan masyarakat tengah melakukan pengadaan material pengaspalan jalan yang merupakan bagian dari program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Program Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap-III Tahun 2021 yang dilaksanakan di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, selama sebulan ke depan, akan fokus untuk melanjutkan kegiatan TMMD Reguler Ke-110 yang dilaksanakan sebelumnya. Yakni, pembangunan jalan antara Desa Tumanggal dan Tegalpingan Kecamatan Pengadegan.

''Dengan demikian, setelah program ini selesai, maka pada kedua desa akan terhubung ruas jalan yang bisa dilalui kendaraan roda empat. Secara tidak langsung, hal ini akan meningkatkan aktivitas ekonomi warga kedua desa,'' jelas Komandan Kodim 0702/Purbalingga, Letkol Inf Decky Zulhas. dalam acara pembukaan TMMD di pendopo Setda Purbalingga, Rabu (15/9).

Menurutnya, ruas jalan yang dibangun, merupakan akes jalan baru sepanjang 1,4 kilometer dengan lebar sembilan meter dan jalan makadam sepanjang lima meter. Selain pembangunan jalan baru, Dandim menyebutkan, akan dilakukan juga program  pemugaran dua unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Tegalpingen yang didanai oleh PMI Purbalingga dan BPR Artha Perwira.

Perwira Seksi Teritorial  Kodim 0702/Purbalingga, Lettu Inf Muhammad Iskandar selaku pimpinan proyek TMMD,  menjelaskan pembuatan jalan tembus ini dilaksanakan secara gotong royong oleh TNI, masyarakat dan instansi pendukung. Jadwal pelaksanaan pembangunan, dimulai  15 September 2021 hingga  14 Oktober 2021. ''Sumber dana kegiatan TMMD, antara lain berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 250 juta dan APBD Kabupaten Purbalingga Rp 280 juta,'' jelasnya.

Dalam pembangunan jalan tersebut, juga dilakukan  pembangunan dua  jembatan dengan panjang masing-masing tujuh meter  dan dua gorong-gorong.  ''Pembangunan jalan ini diharapkan dapat mendukung dan memperlancar dukungan logistik ke daerah pertahanan dan mendukung pertahanan darat bagian komunikasi,'' katanya.  

Sedangkan untuk kegiatan non fisik TMMD, Lettu Iskandar menyebutkan, akan dilakukan  berbagai penyuluhan. Antara lain, kegiatan penyuluhan bidang mental ideologi, penyuluhan kesadaran berbangsa dan bernegara, penyuluhan kamtibmas, penyuluhan kesejahteraan masyarakat, dan penyuluhan pertanian.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi  menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan TMMD Sengkuyung Tahap III di Desa Tegalpingen ini. Ia berharap pembangunan jalan tembus tersebut dapat membuka jalan akses masyarakat di sekitar lokasi sehingga kegiatan perekonomian semakin meningkat.

''Mudah-mudahan kegiatan yang dapat terselenggara  dengan lancar, bisa disengkuyung warga masyarakat, dan pada saatnya nanti, seluruh hasil kegiatan ini bisa dirasakan betul-betul manfaatnya oleh  masyarakat,'' ujar dia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement