Selasa 12 Oct 2021 12:16 WIB

Pemerintah Dorong Partisipasi Pemuda pada KTT G20 Tahun 2022

Pemuda didorong memiliki dua potensi utama, kepempinan responsif dan entrepreneurship

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Asrorun Ni'am.
Foto: istimewa
Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Asrorun Ni'am.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Pemerintah melalui Kemenpora mengharapkan peran dan partisipasi pemuda dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 tahun 2022 di mana Indonesia, tepatnya Bali, akan menjadi tuan rumah. Pelaksanaan kegiatan tersebut akan didukung oleh lima Destinasi Wisata Super Prioritas yakni Labuan Bajo (NTT), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Danau Toba (Sumatera Utara), Mandalika (NTB), dan Likupang (Sulawesi Utara).

"Karena itu,  Labuan Bajo sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas harus berbenah, khususnya kesiapan para pemudanya yang mampu mengoptimasi potensi dan kemampuannya dalam menunjang perkembangan pariwisata di Labuan Bajo," ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Asrorun Ni'am di Labuan Bajo, Senin (11/10).

Lebih Lanjut Ni’am menyampaikan bahwa pemuda seharusnya memiliki dua potensi utama. Pertama,  kepemimpinan yang responsif yaitu jiwa kepemimpinan yang mampu tanggap terhadap beragam isu strategis termasuk menjadi pemuda pelopor yang sadar dalam merawat potensi wisata. Kedua, entrepreneurship yang lebih kreatif dalam menangkap peluang dan menghadapi tantangan yang ada. 

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Sekertaris Deputi Bindang Pengembangan Pemuda Amar Ahmad ini dilakukan secara hibrid dan dihadiri oleh sebanyak 200 peserta yang dipusatkan di dua tempat yaitu di SMKN ST 1 Gratius Layola dan SMKN 1 Labuan Bajo. Kedua tempat kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

 

Dalam laporan kegiatannya Plt Asdep organisasi kepemudaan dan pengawasan pramuka Imam Gunawan menyampaikan, kegiatan penguatan organisasi kepemudaan ini dihadiri oleh para pengurus organisasi pelajar,  organisasi kepemudaan, dan organisasi kepramukaan dilakukan untuk meningkatkan partisipasi aktif pemuda dalam mendukung isu-isu strategis yang dicanangkan pemerintah termasuk upaya meningkatkan kesadaran merawat dan mempromosikan destinasi parawisata super prioritas dan kesehatan reproduksi pemuda.

Selanjutnya, Kadisdikpora Manggarai Barat,  Bernandus Nando menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh kemenpora dalam penyelenggaraan acara untuk menggelorakan semangat bagi pemuda di Labuan Bajo yang sudah berada pada level 2 pada masa pandemi ini. Sehingga, beberapa sekolah sudah mulai melaksanakan tatap muka. 

Program ini menghadirkan sejumlah narasumber utama, yaitu Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI, Vinsensius Jemadu,  Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, Muhammad Neli El Himam dan narasumber lokal yakni Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Manggarai Barat, Salvador Pinto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement