Rabu 10 Nov 2021 16:18 WIB

Kebermanfaatan Teknologi untuk Kemaslahatan Bersama

Pada setiap akhir tulisan ditutup kutipan ayat suci Alquran yang relevan.

Buku Digital.is.Me Jilid 3 kumpulan tulisan Prof Ema Utami.
Foto: Dokumen.
Buku Digital.is.Me Jilid 3 kumpulan tulisan Prof Ema Utami.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Di antara akademisi yang produktif dalam menulis artikel yakni Prof Ema Utami. Catatan-catatan Guru Besar Bidang Ilmu Komputer Universitas Amikom Yogyakarta ini telah banyak dimuat di berbagai media massa.

Kini, tulisan-tulisan dari Prof Ema itu telah dibukukan dengan judul Digital.is.Me Jilid 3. Sebanyak 60 tulisan yang termuat mulai tanggal 23 Januari 2020 sampai 1 April 2021 dapat dibaca kembali dalam buku tersebut.

Seperti diuraikan Prof Ema, isi dari buku ini secara umum memiliki tema yang sama dengan Jilid 1 dan 2. Yakni seputar bidang yang ia tekuni, Informatika. “Banyak catatan yang berkaitan dengan perubahan di berbagai bidang, khususnya Informatika, karena adanya pandemi Covid-19 yang sampai buku ini dicetak belum juga usai,” ujarnya.

Ia lantas menerangkan, catatan berjudul Alice, Umbrella Corporation yang dimuat di kolom Lentera Republika pada 30 Januari 2020, menjadi artikel pertamanya yang menyinggung mengenai covid. Menurutnya, ide judul catatan ini muncul karena Alice sendiri merupakan kata yang sering dijumpai di bidang Informatika.

 

Kata tersebut juga sekaligus merupakan nama tokoh wanita dalam film fiksi yang berkaitan dengan kasus penyebaran virus. “Seperti dua buku sebelumnya, topik dari setiap catatan yang saya tulis seringkali bersinggungan dengan isu atau berita yang hangat yang baru muncul saat catatan ditulis,”  jelas Prof Ema.

Selanjutnya, kemunculan virus Covid-19 di Indonesia yang dikonfirmasi oleh Presiden Jokowi pada 3 Maret 2020 menjadi catatan ke-7 dalam buku ini. Mulai dari catatan ke-7 tersebut lantas banyak tulisan yang berkaitan dengan pandemi covid dan implikasinya pada berbagai kegiatan, terutama yang dekat dengan aktivitas harian yang ia lakukan.

Adanya wabah pandemi Covid-19, lanjut Prof Ema, telah banyak memaksa berbagai bidang termasuk pendidikan untuk lebih intens dalam menggunakan teknologi. Selain membahas seputar isu penanganan covid dan kemajuan bidang Informatika, kegiatan yang bersifat pribadi seperti ibadah umrah hingga pekerjaan di kantor, pun menjadi sumber ide dalam penulisan buku ini.

Sementara itu, Guru Besar Bidang Teknologi Informasi Universitas Gunadarma, Prof Achmad Benny Mutiara, memberikan apresiasi atas terbitnya buku Prof Ema tersebut. Ia menilai, Prof Ema secara jeli mampu menjelaskan kaitan antara kemajuan teknologi yang terjadi saat ini dengan kandungan ayat-ayat suci Alquran.

“Berbagai cerita sukses tentang pemanfaatan teknologi yang sesungguhnya telah tersirat di dalam kitab suci Alquran telah diulas secara lugas serta mudah dipahami dalam buku yang merupakan gagasan dari Prof Ema Utami,” tegasnya.

Hal menarik lainnya, sambung Prof Achmad Benny, selain membahas tentang teknologi-teknologi yang bermanfaat dalam dunia nyata, buku ini menyiratkan pula pentingnya akhlak mulia bagi para dosen, mahasiswa, ataupun pembaca pada umumnya.

Ini ditandai dengan adanya pada setiap akhir tulisan ditutup kutipan ayat suci Alquran yang relevan dengan topik tulisan. “Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan untuk mengingatkan kita akan pentingnya akhlak mulia.” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement