Selasa 16 Nov 2021 21:12 WIB

Luapan Kali Lamong Gresik Meluas ke Kecamatan Cerme

Ada tiga desa yang terendam di Cerme.

Ilustrasi banjir.
Foto: Www.freepik.com
Ilustrasi banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK -- Banjir akibat luapan Kali Lamong di Kabupaten Gresik, Jawa Timur meluas ke Kecamatan Cermeatau mengarah ke timur. Tepatnya di Jalan Raya Morowudi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab GresikTarso Sugito mengatakan sebelumnya banjir luapan Kali Lamong hanya melanda Kecamatan Balongpanggang dan merendam empat desa."Untuk di Balongpanggang sudah mulai surut, hanya menyisakan 40 hektare area sawah yang masih tergenang. Namun air mengarah ke wilayah Cerme," kata dia, Selasa (16/11).

Baca Juga

Ia menyebut ada tiga desa yang terendam di Cerme, masing-masing Desa Sukoanyar, Dungus, dan Morowudi. Dari tiga desa itu terdapat 95 hektare sawah terendam.

"Memang apabila di hulu sudah surut, giliran wilayah Cerme yang terendam. Terutama Jalan Raya Cerme yang biasanya terendam cukup lama," kata Tarso.

Banjir akibat luapan Kali Lamong sempat melanda beberapa wilayah di Kabupaten Gresik pada akhir Oktober 2021. Banjir sempat surut selama beberapa pekan terakhir.

Namun, akibat intensitas hujan yang tinggi dalam tiga hari terakhir, membuat air di Kali Lamong kembali meluap dan kembali terjadi banjir. Banjir awalnya hanya menggenangi Kecamatan Balongpanggang.

Berdasarkan catatan Pemkab Gresik, banjir akibat luapan Kali Lamong setiap tahunnya membawa kerugian bagi warga Gresik di wilayah selatan yang mencapai Rp 5,3 miliar. Kali Lamong merupakan anak sungai Bengawan Solo yang mengalir sepanjang 103 km dan melintasi empat kabupaten/kota, masing-masing Lamongan, Mojokerto, Gresik, dan Surabaya, di mana hampir 50 persen alirannya atau 58,1 km ada di wilayah Gresik.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement