Rabu 01 Dec 2021 16:50 WIB

Twitter Larang Berbagi Foto tanpa Persetujuan

Aturan berlaku tepat sehari setelah Twitter mengganti CEO.

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Dwi Murdaningsih
Twitter. Twitter meluncurkan aturan baru pada Selasa (30/11) yang memblokir pengguna dari berbagi gambar pribadi orang lain tanpa persetujuan mereka.
Foto: AP Photo/Richard Drew
Twitter. Twitter meluncurkan aturan baru pada Selasa (30/11) yang memblokir pengguna dari berbagi gambar pribadi orang lain tanpa persetujuan mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Twitter meluncurkan aturan baru pada Selasa (30/11) yang memblokir pengguna dari berbagi gambar pribadi orang lain tanpa persetujuan mereka. Peraturan ini merupakan pengetatan kebijakan jaringan hanya sehari setelah perusahaan mengganti CEO.

Di bawah aturan baru, orang-orang yang bukan figur publik dapat meminta Twitter untuk menghapus gambar atau video mereka yang mereka laporkan diposting tanpa izin. Twitter mengatakan kebijakan ini tidak berlaku untuk figur publik atau individu ketika media dan teks tweet yang menyertainya dibagikan untuk kepentingan publik atau menambah nilai pada wacana publik.

Baca Juga

“Kami akan selalu mencoba menilai konteks di mana konten dibagikan dan, dalam kasus seperti itu, kami dapat mengizinkan gambar atau video untuk tetap berada di layanan,” kata perusahaan, dilansir dari Japan Today, Rabu (1/12).

Hak penggunaan internet untuk mengajukan banding ke platform ketika gambar atau data tentang mereka diposting oleh pihak ketiga, terutama untuk tujuan jahat, telah diperdebatkan selama bertahun-tahun.

Twitter sudah melarang publikasi informasi pribadi seperti nomor telepon atau alamat seseorang. Namun, ada kekhawatiran yang berkembang tentang penggunaan konten untuk melecehkan, mengintimidasi, dan mengungkapkan identitas individu.

Perusahaan mencatat efek yang tidak proporsional pada perempuan, aktivis, dan anggota komunitas minoritas. Contoh pelecehan online yang terkenal termasuk rentetan pelecehan rasis, seksis, dan homofobik di Twitc, situs streaming gim video terbesar di dunia.

Tetapi banyak sekali kasus pelecehan, dan korban sering kali harus berjuang keras untuk melihat gambar diri mereka sendiri yang menyakitkan, menghina, atau diproduksi secara ilegal dihapus dari platform online. Beberapa pengguna Twitter mendorong perusahaan untuk mengklarifikasi dengan tepat bagaimana kebijakan yang diperketat akan bekerja.

“Apakah ini berarti jika saya mengambil gambar, katakanlah, sebuah konser di Central Park, saya memerlukan izin dari semua orang di dalamnya?” cuit Jeff Jarvis, seorang profesor jurnalisme di City University of New York.

Perubahan itu terjadi sehari setelah salah satu pendiri Twitter Jack Dorsey mengumumkan dia meninggalkan perusahaan. Dorsey  menyerahkan tugas CEO kepada eksekutif perusahaan Parag Agrawal.

Platform, seperti jaringan media sosial lainnya, telah berjuang melawan intimidasi, informasi yang salah, dan konten yang memicu kebencian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement