Selasa 14 Dec 2021 19:26 WIB

UII Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2022/2023

Seleksi PMB UII dilaksanakan secara daring.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
UII Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2022/2023. Kampus UII Yogyakarta.
Foto: Wahyu Suryana.
UII Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2022/2023. Kampus UII Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia (UII) Program Diploma dan Sarjana Tahun Akademik 2022/2023 secara resmi dibuka. Ada setidaknya empat pola seleksi PMB yang sudah dibuka mulai 14 Desember 2021.

Seleksi Berbasis Rapor (Siber Kedokteran dan Siber Non-Kedokteran), Computer Based Test (CBT) di Sekolah Mitra, Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) Tanpa Beasiswa, dan Penelusuran Pemimpin Muda (PPM). Pola seleksi lainnya menyusul.

Baca Juga

Ada PSB Dengan Beasiswa, Penelusuran Hafiz Al-Qur'an (PHA), CBT From Home, PMB Bersama APTISI V, PMB Bersama BKS PTIS dan Future Global Leaders Scholarships bagi calon mahasiswa asing. Yang mana, sudah mulai dibuka pada Januari 2022.

PMB UII TA 2022/2023 mengusung tema 'UII Mantu' akronim dari UII Memantapkan Dua Hati Menyatu, antara calon mahasiswa baru dan masa depanmu. UII menawarkan 25 prodi program sarjana dan empat prodi diploma yang tersebar di delapan fakultas.

 

Untuk memudahkan pendaftar, penyelenggaraan pola seleksi Computer Based Test (CBT) bisa dilakukan dari rumah saja melalui CBT From Home. UII juga menyediakan CBT di sekolah mitra dengan pilihan lokasi tes di 25 sekolah/institusi mitra.

Tersebar di beberapa provinsi yaitu Aceh, Bengkulu, Jambi, Riau, Nusa Tenggara Barat, serta lokasi lain Pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Pada PMB 2022/2023, UII memberikan kesempatan mahasiswa baru program Sarjana (S1) dan Diploma (D3).

Mereka bisa mendapat bantuan biaya pendidikan melalui seleksi program beasiswa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Meliputi Beasiswa Hafiz Al-Quran 15 juz dan 30 juz, Dhuafa, Santri Unggulan UII, Atlet/Juara Seni dan Beasiswa Unggulan.

Ketua Pelaksana PMB UII, Beni Suranto menerangkan, PMB UII untuk jenjang S1 dan D3 Tahun Akademik 2022/2023 saat ini dimulai lebih awal, yaitu pada pertengahan Desember 2021. Yang mana, untuk tahun-tahun sebelumnya biasanya dibuka Januari.

Ini merupakan respon UII atas banyaknya masukan calon mahasiswa yang menyatakan ingin segera bergabung merintis masa depan bersama UII. Panitia terus tingkatkan layanan lewat rancang ulang interaksi pengguna dalam website dan sistem admisi.

"Agar semakin intuitif, efektif dan mudah digunakan oleh calon-calon mahasiswa," kata Direktur Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UII tersebut.

Terkait situasi pandemi Covid-19 di Indonesia, seleksi PMB UII dilaksanakan secara daring dan meniadakan layanan tatap muka untuk sementara waktu. Jadi, pendaftar mengakses informasi secara lengkap di laman web pmb.uii.ac.id.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement