Sabtu 25 Dec 2021 20:40 WIB

Hari ‘H’ Natal, Situasi Lalin Kabupaten Semarang Terkendali

Volume arus lalin di dalam ruas tol Semarang-Solo terpantau berkurang.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Sejumlah kendaraan asal luar daerah dan luar kota melintas di ruas tol Semarang-Solo di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
Foto: Republika/bowo pribadi
Sejumlah kendaraan asal luar daerah dan luar kota melintas di ruas tol Semarang-Solo di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Situasi arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah,  pada libur Hari Raya Natal terpantau lancar. Baik arus lalu lintas di ruas jalan nasional maupun arus lalu lintas di ruas tol Semarang-Solo yang ada di wilayah setempat.

Bahkan, meski bertepatan dengan momentum akhir pekan, situasi arus lalin cenderung lancar di ruas jalan nasional. Simpul kepadatan arus lalin yang kerap terjadi setiap akhir pekan pun relatif lancar.

Seperti di simpang Bawen, antrean panjang kendaraan yang biasanya menjadi pemandangan setiap akhir pekan pun tidak terpantau. Para pengguna jalan yang melintas mengaku tidak  terjebak antrean.

“Sore ini, saya dari arah exit tol Bawen cukup nyaman saat mengakses jalur arah Ambarawa melalui simpang Bawen,” ungkap Teguh (41), salah seorang pengendara yang dikonfirmasi Republika.co.id, Sabtu (25/12) sore.

Ia mengatakan, di titik persimpangan di Bawen, kendaraan harus saling bergantian dan diatur oleh polisi lalu lintas untuk bisa ‘memotong’ jalan. “Namun antreannya tidak sampai mengular,” jelasnya.

Kasatlantas Polres Semarang, AKP Rendi Johan Prasetyo mengamini, situasi arus lalu lintas pada hari ‘H’ Natal relatif terkendali.

Bahkan volume arus lalin di dalam ruas tol Semarang-Solo pun terpantau berkurang dibandingkan dengan volume kendaraan hari sebelumnya. “Sementara terpantau tidak ada peningkatan arus lalin dan hari ini lebih sepi dari kemarin,” ungkapnya.

Menurut Rendi, arus lalin di jalan nasional pada hari H Natal kali ini masih didominasi oleh aktivitas masyarakat lokal, seperti di tempat-tempat ibadah (gereja) maupun warga yang berkunjung ke keluarga atau kerabat mereka.

Termasuk jalan-jalan yang mengakses ke tempat wisata. “Namun secara umum, situasi arus lalin di sejumlah jalan protokol maupun jalan nasional yang ada di wilayah Kabupaten Semarang hari ini cukup kondusif,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement