Jumat 11 Mar 2022 18:03 WIB

Sleman Luncurkan Media Pembelajaran Sembada Cerdas

Media pembelajaran berbentuk aplikasi ini berisi materi untuk siswa jenjang SD.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kegiatan peluncuran media pembelajaran Sembada Cerdas.
Foto: Dokumen.
Kegiatan peluncuran media pembelajaran Sembada Cerdas.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, DIY, meluncurkan media pembelajaran interaktif Sembada Cerdas bagi siswa didik. Inovasi ini diluncurkan Pemkab Sleman sebagai usaha memberikan media pembelajaran efektif selama pandemi.

Peluncuran Sembada Cerdas dilakukan secara langsung oleh Bupati Sleman di Ruang Ki Hajar Dewantara Disdik Sleman. Kepala Disdik Sleman, Ery Widaryana mengatakan, Sembada Cerdas merupakan media pembelajaran yang dikembangkan Disdik Sleman.

Dimaksudkan untuk menunjang keberhasilan pembelajaran yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan untuk meminimalisir pertemuan tatap muka. Sehingga, memudahkan peserta didik mengikuti pelajaran.

Sebab, lanjut Ery, mereka dapat mengikuti pembelajaran dalam jaringan dengan media pembelajaran interaktif yang tepat. Selain itu, membantu orang tua peserta didik, saat mendampingi peserta didik melaksanakan pembelajaran dalam jaringan.

"Serta, jadi media pembelajaran yang bisa digunakan pendidik untuk pembelajaran dalam jaringan atau belajar dari rumah (BDR)," kata Ery, Jumat (11/3/2022).

Dalam media pembelajaran yang berbentuk aplikasi ini akan berisi materi untuk siswa jenjang sekolah dasar kelas I sampai dengan kelas VI. Seluruh materi yang disajikan dalam aplikasi Sembada Cerdas ini telah disusun dan ditentukan tim.

Tim sendiri dibentuk Disdik Sleman yang disesuaikan dengan materi semester genap tahun ajaran 2021/2022. Bupati Sleman, Kustini Purnomo, menyampaikan apresiasi atas peluncuran inovasi media pembelajaran Sembada Cerdas oleh Disdik Sleman.

Kustini menilai, inovasi tersebut menjadi salah satu usaha yang baik dari Pemkab Sleman dalam mengatasi permasalahan pembelajaran terbatas bagi siswa pada masa pandemi. Sebab, pembelajaran terbatas tidak boleh mematahkan semangat siswa.

Ia berharap, keberadaan inovasi media pembelajaran Sembada Cerdas ini dapat memerikan motivasi dan meningkatkan partisipasi aktif guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Khususnya, selama masa pandemi masih berlangsung.

Selain itu, ia menegaskan, Pemkab Sleman akan terus melakukan upaya-upaya dalam memberikan pendidikan berkualitas. Hal ini dilakukan untuk memastikan anak-anak Sleman senantiasa mendapatkan pendidikan yang berkarakter tanpa kendala berarti.

"Dengan bantuan guru, sekolah, dan pengawas, sehingga tercipta pembelajaran yang nyaman, aman, dan menyenangkan bagi peserta-peserta didik di Kabupaten Sleman," ujar Kustini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement