Jumat 18 Mar 2022 16:04 WIB

Layanan Vaksinasi Tetap Berjalan Selama Ramadhan di Yogyakarta

Saat ini masyarakat juga sudah dapat mengakses dan mendapatkan vaksin booster.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Layanan Vaksinasi Tetap Berjalan Selama Ramadhan di Yogyakarta (ilustrasi).
Foto: Antara/Adeng Bustami
Layanan Vaksinasi Tetap Berjalan Selama Ramadhan di Yogyakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus menggencarkan vaksinasi Covid-19, terutama untuk dosis ketiga (booster). Selama Ramadhan, layanan vaksinasi juga terus berjalan di sentra-sentra vaksinasi maupun di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

"Ketika bulan Ramadhan nanti vaksinasi tetap jalan," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi di Kelurahan Bumijo, Jetis, Kota Yogyakarta, Jumat (18/3/2022).

Baca Juga

Heroe mengatakan, untuk mempercepat booster, pihaknya sudah mengaktifkan kembali layanan vaksinasi di kantor-kantor kelurahan dan kecamatan. Saat ini masyarakat juga sudah dapat mengakses dan mendapatkan vaksin booster tanpa menunggu.

"Vaksinasi booster sendiri sudah bisa dilakukan di sejumlah puskesmas dan fasilitas kesehatan rujukan dinkes, tiap puskesmas sudah bisa melakukan vaksinasi booster," ujarnya.

Pihaknya menargetkan seluruh vaksin yang ada di Pemkot Yogyakarta saat ini sudah disuntikkan ke warga Kota Yogyakarta hingga akhir Maret 2022 ini. Dengan begitu, kata Heroe, saat Ramadhan maupun Lebaran nanti, semua warga Kota Yogyakarta sudah mendapatkan suntikan booster.

"Dengan harapan ketika Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, masyarakat mempunyai kekebalan tubuh yang baik," jelas Heroe.

Saat ini, capaian vaksinasi booster di Kota Yogyakarta sudah lebih dari 56 persen. Sedangkan, untuk ketersediaan vaksin, lanjut Heroe, juga masih mencukupi untuk masyarakat yang belum menerima booster.

Lurah Bumijo, Eni Perwati mengatakan, pihaknya juga melakukan jemput bola untuk meningkatkan cakupan vaksinasi kepada masyarakat. Terutama bagi masyarakat yang kesulitan dalam mengakses tempat pelayanan vaksinasi, seperti lansia dan penyandang disabilitas.

Selain itu, pendataan juga dilakukan bagi warga yang belum mendapatkan vaksinasi booster. Pendataan ini dilakukan oleh masing-masing ketua RT yang ada.

"Tiap Jumat kami rutin melakukan pendataan ke rumah warga, bagi yang belum divaksin kita minta segera melakukan vaksinasi," kata Eni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement