Ahad 17 Apr 2022 22:41 WIB

Atasi Stunting, TP PKK Yogya Diminta Jaga Sinergitas dengan OPD

Ada beberapa program unggulan yang saat ini menjadi fokus TP PKK.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Atasi Stunting, TP PKK Yogya Diminta Jaga Sinergitas dengan OPD (ilustrasi).
Foto: Republika/Mardiah
Atasi Stunting, TP PKK Yogya Diminta Jaga Sinergitas dengan OPD (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan (TP PKK) Kota Yogyakarta diminta untuk terus menjaga sinergitas dengan organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta. Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, TP PKK dan OPD harus berjalan beriringan.

Hal ini dalam rangka membantu terlaksananya program-program dan kegiatan pemerintah. Salah satunya terkait dengan penanganan stunting di Kota Yogyakarta.

Baca Juga

Haryadi menuturkan, TP PKK memiliki peran untuk membantu program pemerintah melalui gerakannya. Untuk itu, ia juga meminta agar seluruh TP PKK agar lebih proaktif dalam melakukan pembinaan dan memberdayakan masyarakat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus dan para kader PKK yang selama ini telah menjadi mitra yang sangat baik bagi Pemkot Yogya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Yogya," kata Haryadi di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Sabtu (16/4/2022).

Selain itu, Haryadi juga menekankan agar program-program PKK juga wajib dipahami oleh seluruh OPD yang bersangkutan. Dengan begitu, katanya, dalam penyusunan program dan kegiatan, keduanya bisa saling mengisi dan melengkapi dalam terwujudnya pembangunan di Kota Yogya yang lebih optimal.

Ketua TP PKK Kota Yogya, Tri Kirana Haryadi Suyuti mengatakan, ada beberapa program unggulan yang saat ini menjadi fokus TP PKK Kota Yogyakarta. Tidak hanya penanganan stunting, namun juga adanya program menuju PHBS, peduli KIA, siaga kebakaran lingkungan, tanggap dan tangguh bencana alam, peduli lingkungan, menuju keluarga sehat berkualitas, menuju keuangan sehat, serta mewujudkan keluarga sehat.

Kirana menyebut, TP PKK siap membantu dalam mewujudkan program pemerintah terkait dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kedepan, lanjutnya, TP PKK juga akan terus bersinergi dengan Pemkot Yogya.

Terutama, dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat menuju keluarga sejahtera. "TP PKK baik di tingkat Kota Yogya hingga kelurahan, semua siap membantu mensukseskan program dan kegiatan pemerintah," kata Kirana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement