Senin 25 Apr 2022 08:02 WIB

Ramadhan, Jamaah Al Aqsha De Latinos Kembali Bagikan Ribuan Paket Sembako

Paket sembako juga sampai ke beberapa pondok pesantren di Bogor dan Bekasi.

Pada Ramadhan tahun 2022 ini, jamaah Masjid Al Aqsha kembali memberikan bantuan berupa 3.357 paket, yang masing-masing senilai Rp 150 ribu, yang diperuntukkan untuk orang-orang yang membutuhkan mulai dari tukang sapu, sekuriti, para asisten rumah tangga, sopir, dan warga 15 RT sekitar masjid tersebut.
Foto: dokpri
Pada Ramadhan tahun 2022 ini, jamaah Masjid Al Aqsha kembali memberikan bantuan berupa 3.357 paket, yang masing-masing senilai Rp 150 ribu, yang diperuntukkan untuk orang-orang yang membutuhkan mulai dari tukang sapu, sekuriti, para asisten rumah tangga, sopir, dan warga 15 RT sekitar masjid tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Masjid Al Aqsha De Latinos Bumi Serpong Damai (BSD) kembali mengadakan acara berbagi di bulan Ramadhan tahun 2022 ini. Hal ini pun selalu dinanti oleh mereka yang ada dalam sistem sosial di kawasan kompleks De Latinos BSD. Mulai dari tukang sapu, sekuriti, para asisten rumah tangga, sopir, dan warga 15 RT sekitar masjid tersebut.

Program tahunan andalan Masjid Al Aqsha ini adalah program Share & Care (S&C) yang merupakan program berbagai dari Jamaah Masjid kepada mereka yang membantu aktivitas keseharian dalam komplek De Latinos dan dibagikan juga untuk mereka yang membutuhkan, misalnya pondok pesantren. 

Tahun ini, Masjid Al Aqsha mengeluarkan 3.357 paket, yang masing-masing senilai Rp 150 ribu. Sehingga jumlah uang yang dikumpulkan jamaah masjid mencapai Rp 500 juta lebih. Padahal waktu pengumpulannya terbatas, yakni hanya tiga pekan. 

Paket senilai itu berisi minyak goreng, sirup, terigu, gula, beras dan lain-lain. Hal ini tentunya menjadi barang yang menjadi kebutuhan, terlebih di tengah langkanya minyak goreng saat ini.

 

"Alhamdulillah meski masih belum tembus angka perolehan tahun lalu, tapi sudah terkumpul 3.357 paket. Dan biasanya ada saja jamaah yang masih menyumbang," kata Ketua S&C Al-Aqsha 2022, Condro Ibnu Santoso, dalam siaran pers, Senin (25/4/2022).

Untuk membagikan paket sebanyak itu, masjid menyediakan sistem kupon yang harus registrasi dulu dengan sistem QR code. Banyaknya paket yang dibagi membuat waktu pembagian juga memakan waktu 4-5 hari.  

Ribuan paket itu terutama diperuntukan bagi mereka yang sehari-hari mendukung aktivitas warga De Latinos secara umum. Sebut saja tenaga sekuriti, petugas sampah rumah tangga, sampah lingkungan, ibu-ibu kebersihan jalan, tenaga ART dan supir yang bekerja diseluruh rumah warga De Latinos, termasuk ojek yang rutin melayani warga De Latinos sehari-hari.

Selain itu, paket sembako S&C Al-Aqsha ini juga dibagikan kepada warga kurang mampu maupun dhuafa di sekeliling kompleks Delatinos. Penyaluran ke kampung-kampung di luar kompleks ini meliputi 15 RT yang terdapat dalam Kelurahan Serpong, Kelurahan Rawabuntu, dan Kelurahan Setu.

Tidak hanya sampai di situ, setiap tahun Masjid Al-Aqsha juga rutin membagikan paket sembako untuk pondok pesantren, rumah tahfiz, rumah Yatim dan berbagai lembaga sosial lainnya yang tersebar wilayah Tangerang Selatan.  Bahkan paket sembako S&C Al-Aqsha juga sampai ke beberapa pondok pesantren di Bogor dan Bekasi.

"Tantangan DKM ke depan adalah, bahwa program ini harus selalu ada. Kita tidak bisa membayangkan jika suatu saat nanti program ini absen. Ribuan orang yang sudah bertahun-tahun selalu mendapatkan bantuan sembako akan selalu menanti-nanti, karena biasanya mereka dapatkan," ujar Kepala Biro Sosial Al-Aqsha, Abu Humaira. 

Direktur AqshaMart, swalayan di bawah Masjid Al Aqsha, Iwan Setiawan, menceritakan bahwa untuk mendapatkan minyak goreng sebanyak itu bukan perkara mudah. 

“Distributor tak percaya, meski sudah kita ceritakan. Namun akhirnya distributor tak punya pilihan lagi setelah membaca berita media, ternyata kita memang membutuhkan minyak goreng sebanyak itu," kata Iwan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement