Sabtu 21 May 2022 21:47 WIB

Satgas Jawa Timur Kehilangan Pahlawan di Era Pandemi Covid-19

Achmad Yurianto juga memiliki senyuman yang selalu tulus kepada siapapun.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Satgas Jawa Timur Kehilangan Pahlawan di Era Pandemi Covid-19 (ilustrasi).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Satgas Jawa Timur Kehilangan Pahlawan di Era Pandemi Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Berita kehilangan muncul dari mantan Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19, Achmad Yurianto. Pria yang menjabat sebagai Dewan Pengawas BPJS Kesehatan ini meninggal akibat sakit di Malang, Sabtu (21/5/2022).

Jubir Satgas Covid-19 Jawa Timur (Jatim), Makhyan Jibril Al Farabi menilai, Achmad Yurianto sebagai sosok pahlawan di era pandemi Covid-19. Ada banyak kenangan yang dilalui bersama saat Covid-19 mulai mewabah di Indonesia. 

Baca Juga

"Dulu di awal-awal pandemi ketika tim Satgas Covid masih berkantor di rumah dinas Bu Gubernur di Grahadi, setiap sore jam 4 kami selalu menunggu pak Achmad Yurianto untuk merilis data kasus Covid-19," kata Jibril kepada Republika, Sabtu (21/5/2022) malam.

Setelah data pusat dirilis, Satgas Covid-19 Jatim mengabarkan informasi tersebut ke kabupaten dan kota. Situasi ini terus-menerus dirasakan bersama selama Achmad Yurianto menjabat sebagai Jubir Satgas Covid-19 pusat. Menurut Jibril, kenangan-kenangan demikian yang dianggap sebagai jejak-jejak perjuangan dari almarhum.

 

Berdasarkan informasi dari murid-murid almarhum, yang bersangkutan juga dikenal sebagai orang baik. Achmad Yurianto juga memiliki senyuman yang selalu tulus kepada siapapun. Bahkan, dia tidak pernah meminta aneh-aneh untuk terus mengabdi atas amanah yang diemban.

"Selamat jalan Bapak Achmad Yurianto, Anda salah satu pahlawan di era pandemi Covid-19. Semoga husnul khotimah dan semua keluarga diberikan kesabaran dan ketabahan," katanya.

Sebelumnya, kabar meninggalnya Achmad Yurianto dikonfirmasi Sekretaris Direktur Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi. "Iya benar meninggal dunia," ujar Nadia, Sabtu (21/5/2022).

Kabar duka berpulangnya Ahmad Yurianto juga disampaikan oleh Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Andi. Eks Jubir Covid-19 itu menghembuskan nafas terakhirnya di Malang pada Sabtu (21/5) pukul 18.58 WIB.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun, telah berpulang ke rahmatullah, dr Ahmad Yurianto pada hari Sabtu, 21 mei 2022 pukul 18.58 di Malang. Semoga beliau diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran. Aamiin ya robbal alamin," demikian keterangan yang juga diterima Republika.

Sebelumnya Achmad Yurianto dikabarkan sudah pulang dari perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat usai menjalani perawatan kanker usus ke kampung halaman di Malang, Jawa Timur.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement