Kamis 16 Jun 2022 09:08 WIB

Robot UMP Lanjut Tingkat Nasional Kontes Robot SAR Indonesia 2022

Kelebihan robot ini bisa menyelusuri lorong dengan automatis.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Mahasiswa Prodi Elektro FTS UMP yang menciptakan robot SAR Indonesia.
Foto: Dokumen
Mahasiswa Prodi Elektro FTS UMP yang menciptakan robot SAR Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO - Robot yang diciptakan mahasiswa Program Studi Elektro Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah, berhasil lolos ke tingkat nasional Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) 2022.

Ketiga mahasiswa yang menciptakan robot itu adalah Sigit Dwi Prayogo, Arif Haryanto, dan M Dhiya'ul Haq S, dengan dosen pembimbing Latiful Hayat.

Sigit Dwi Prayoga menjelaskan robot yang diberi nama MJD itu merupakan robot yang dapat menyelamatkan korban. Robotnya juga dapat memadamkan api serta menyelusuri lorong secara otomatis.

"Robot MJD merupakan robot berkaki yang bisa menyelamatkan korban dan juga memadamkan api. Kelebihan robot, robot bisa menyelusuri lorong dengan automatis, melewati segala rintangan yang disertakan di arena lomba," jelas Sigit.

Lebih lanjut ia mengatakan, robot ini awalnya dibuat di kontes robot Indonesia divisi kontes robot SAR Indonesia pada 2021 dengan dukungan banyak pihak dan memperoleh peringkat 9 dari 40 peserta terdaftar.

Atas dukungan Teguh Marhendi selaku Dekan Fakultas Teknik dan Sains dan Itmi Hidayat selaku Kaprodi Teknik Elektro pada tahun itu juga ketiga mahasiswa ini memutuskan untuk mengawali debut di KRI ini dengan mengikuti divisi Kontes Robot SAR Indonesia.

"Alhamdulillah kami lolos ke Tingkat Wilayah 1 (yang diikuti Perguruan Tinggi dari Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta)  KRSRI 2022 dengan peringkat ke 4 atau juara harapan dari total sekitar 40 peserta terdaftar," ujarnya.

Sigit berharap tim dapat terus menoreh prestasi pada kejuaraan berikutnya. "Harapan dari tim untuk selanjutnya semoga UMP semakin mendukung tim robotik UMP agar robotika di UMP ini semakin baik,berkembang, maju, Serta terus berpatisipasi dan berprestasi pada divisi lain kri dan lomba lomba lainnya," kata dia.

Sementara itu Kepala Program Studi Teknik Elektro UMP Itmi Hidayat berharap melalui kegiatan Kontes Robot Indonesia bisa menambah keahlian di bidang robotika untuk mahasiswa dan semoga bisa meraih hasil lebih optimal untuk kompetisi di tingkat nasional yang akan dilaksanakan di ITS Surabaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement