Senin 27 Jun 2022 20:56 WIB

Pemkab Jepara Mulai Suntikkan Vaksin PMK ke Hewan Ternak

Vaksinasi ternak ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu para peternak.

Pemkab Jepara Mulai Suntikkan Vaksin PMK ke Hewan Ternak (ilustrasi).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pemkab Jepara Mulai Suntikkan Vaksin PMK ke Hewan Ternak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JEPARA -- Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mulai melakukan penyuntikan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) ke hewan ternak di daerah setempat, menyusul diterimanya 3.000 dosis vaksin PMK, Senin (27/6/2022).

Penyuntikan vaksin PMK pertama dilakukan langsung oleh Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta di Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Jepara, Senin (27/6). Kemudian dilanjutkan petugas kesehatan hewan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Jepara.

Baca Juga

"Untuk hari pertama, disiapkan sebanyak 163 dosis vaksin. Kemudian dilanjutkan secara bertahap di seluruh wilayah di Kabupaten Jepara," kata Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta di Jepara.

Sementara populasi sapi dan kerbau di Jepara, kata dia, berkisar 55.000 ekor. Sedangkan 1.100 ekor ternak di antaranya terindikasi PMK.

 

Ia mengungkapkan vaksinasi ternak ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu para peternak. Untuk itulah, kata dia, setelah vaksin PMK diterima langsung menginstruksikan dinas terkait untuk menyuntikkan ke hewan ternak.

Setelah ada vaksinasi PMK, diharapkan sapi di Kabupaten Jepara sehat dan siap dikonsumsi untuk menyambut Idul Adha.

Kapolres Jepara AKBP Warsono memerintahkan jajarannya untuk ikut terlibat dan mengawasi pelaksanaan vaksin PMK ini agar berjalan dengan tertib dan aman sesuai target pemerintah.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement