Rabu 06 Jul 2022 16:25 WIB

Cara Mudah Atasi Lantai Ubin Rumah yang Pecah

Superfix diformulasikan dengan Thin Set Technology.

Ubin retak (ilustrasi)
Foto: Republika/Fernan Rahadi
Ubin retak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ubin menjadi salah satu faktor penting di rumah yang berfungsi untuk melindungi permukaan dan mempercantik rumah. Namun ada beberapa kasus yang kerap terjadi pada ubin seperti pecah, menggelembung, terangkat, dan retak.

Lantai ubin yang terangkat dikenal dengan istilah popping. Lantai ubin terangkat (popping) akan rentan pecah apabila tidak sengaja terinjak dan bisa membahayakan penghuni rumah terutama anak kecil.

Penyebab lantai ubin pecah di antaranya pertama, pengurangan kandungan pada perekat semen yang telah dicampur (semen, pasir, dan air) sehingga perekat ubin mengalami penyusutan. Kedua, campuran perekat (semen, pasir, dan air) yang tidak merata menyebabkan ada bagian bawah lantai yang kosong sehingga terdapat udara yang terjebak dan ketika mengalami pemuaian akan mendorong ubin ke atas.

Ketiga, beban berat pada lantai yang membuat salah satu bagian ubin lebih turun atau tidak merata. Keempat, pergerakan mikro seperti rumah-rumah yang terletak di pinggiran jalan raya, atau pinggiran rel kereta mengalami getaran akibat lalu lalang kendaraan dapat mempengaruhi bagian-bagian bangunan termasuk ubin. Kelima, pemilihan bahan yang kurang berkualitas, baik pada jenis ubin dan perekat ubin.

 

Baru-baru ini, Aquaproof menyediakan perekat ubin Superfix. Perekat ini dinilai merekatkan jauh lebih kuat dibanding semen biasa atau semen instan lainnya.

"Jadi cukup dengan Superfix bisa merekatkan berbagai ubin, keramik, marmer, porselen, homogeneous tile (HT) atau mosaik pada dinding maupun lantai, baik di dalam maupun luar ruangan. Tukang ataupun pemilik rumah tidak perlu repot mencari bahan perekat ubin lainnya, karena Superfix multifungsi untuk segala jenis ubin," kata Product Manager PT Adhi Cakra Utama Mulia, Handi Wijaya, dalam siaran pers, Rabu (6/7/2022).

Superfix juga diformulasikan dengan Thin Set Technology. "Cukup lapisan tipis Superfix 2-3 milimeter dapat merekatkan ubin jauh lebih kuat. Selain itu, Superfix juga sangat cocok untuk pengerjaan keramik di atas keramik (tile on tile) tanpa membongkar keramik lama sehingga renovasi menjadi lebih mudah dan cepat," katanya.

Setelah proses pemasangan ubin, langkah selanjutnya yang diperlukan yaitu pengisian nat menggunakan Supergrout A+. Berbeda dengan pengisi nat pada umumnya, Supergrout A+ diformulasikan dengan Polymerized Acid Resistant Technology yang membuat hasil nat Supergrout A+ menjadi tahan asam termasuk asam cairan pembersih dan asam kimiawi lainnya, serta nat tidak mudah terkikis. Selain itu penggunaan Supergrout A+ terutama pada kamar mandi dan dapur akan membuat nat mudah dibersihkan, anti jamur dan lumut, juga tidak retak, tidak menyusut, daya lekat kuat, dan warna tahan lama. Supergrout A+ memiliki 7 varian warna yang menarik yang dapat disesuaikan dengan jenis dan warna ubin yang dipasang.

"Kombinasi perekat ubin Superfix dan pengisi nat Supergrout A+ adalah pilihan yang tepat mengatasi permasalahan ubin terutama ubin pecah dan terangkat (popping). Masing-masing produk dari Aquaproof seperti Superfix dan Supergrout A+ sudah dirancang memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan, juga dengan fungsi yang sangat baik memenuhi kebutuhan dan menjadi solusi," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement