Kamis 21 Jul 2022 16:07 WIB

Jadi Syarat Perjalanan, Terminal Tirtonadi Buka Layanan Vaksinasi Covid

Kuota vaksin tidak terbatas pada calon penumpang saja.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Layanan vaksinasi booster di Terminal Tirtonadi, Solo.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Layanan vaksinasi booster di Terminal Tirtonadi, Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO  -- Vaksin booster atau dosis ketiga vaksin Covid-19 menjadi syarat perjalanan. Sebab itu, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jateng DIY menggelar vaksinasi massal di Terminal Tirtonadi Solo sejak Rabu (20/7/2022).

Salah satu peserta vaksin, Muhammad Edi Hasanudin asal Kecamatan Colomadu, Solo, mengaku baru mengikuti vaksin karena syarat perjalanan. Pasalnya ia hendak pergi ke Bali.

"Hari ini kita dapat vaksin ketiga Moderna, sekalian kita juga perlu untuk antisipasi untuk perjalanan jauh kalau ada apa-apa di sana," katanya ketika ditemui di Terminal Tirtonadi, Kamis (21/7/2022).

Selanjutnya, ia mengaku mendapatkan informasi vaksin tersebut dari BPTD. Kemudian, ia diarahkan oleh petugas ke klinik vaksin untuk registrasi dan pemeriksaan tensi.

"Iya, tadi saya diarahkan oleh petugas perhubungan. Disarankan kalau belum vaksin untuk vaksin dulu begitu," ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Tama juga mengatakan baru bisa melakukan vaksin boster hari ini. Dirinya berencana pergi ke luar kota. "Saya baru bisa vaksin hari ini. Kebetulan juga besok saya mau ke Karimun," kata dia.

Sebelumnya, Koordinator Satuan Pelayanan, Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto mengatakan, penumpang yang belum vaksin, dapat melaksanakan vaksin dulu di terminal.

"Pelaksanaan mulai Rabu (20/7/2022). Kita bekerja sama dengan Klinik Bhayangkara Polresta Surakarta, dan Jasa Raharja," jelasnya.

Joko menambahkan kuota vaksin tidak terbatas pada calon penumpang saja. Masyarakat sekitar pun diperkenankan apabila belum vaksin dosis ketiga.

"Jadi kita fasilitasi untuk penumpang, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat yang belum melaksanakan vaksin booster bisa mengakses layanan vaksinasi di Terminal Tirtonadi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement