Jumat 19 Aug 2022 18:22 WIB

Pembagian Grup Liga 2, PSIM Tergabung di Grup Tengah

Liga 2 2022/2023 akan kick off pada 28 Agustus 2022.

Para pemain PSIM Yogyakarta saat menjalani sesi latihan.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Para pemain PSIM Yogyakarta saat menjalani sesi latihan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Menjelang bergulirnya Liga 2 2022/2023, PT Liga Indonesia Baru (LIB) kembali menggelar managers meeting. Agenda yang dilangsungkan secara virtual pada Jumat (19/8/2022) sore itu mengundang perwakilan atau manajer dari semua kontestan Liga 2 2022/2023.

Agenda yang dipimpin langsung Direktur Operasional LIB, Sudjarno, menjelaskan tentang banyak hal mengenai bergulirnya kompetisi yang diikuti 28 klub tersebut. Di antaranya terkait penjadwalan, pembagian grup, format dan sistem kompetisi, sampai dengan proses pendaftaran pemain.

“Liga 2 2022/2023 akan kick off pada 28 Agustus 2022 dan akan selesai pada akhir Februari 2023. Seperti halnya Liga 1, pertandingan bisa dihadiri penonton dengan jumlah yang menyesuaikan ketentuan dari PPKM setempat,” jelas Sudjarno dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat.

Lebih lanjut dalam agenda itu, Sudjarno juga menginformasikan terkait ketentuan jumlah tim yang promosi dan degradasi. “Sesuai dengan keputusan dari PSSI, nantinya akan ada tiga tim yang promosi ke Liga 1 2023/2024 dan akan ada delapan tim yang terdegradasi,” tambahnya.

 

Khusus untuk pembagian grup, lanjut Sudjarno, telah diputuskan oleh PSSI berdasarkan surat yang bernomor 3182/UDN/2092/VIII-2022. Surat itu tertanggal 15 Agustus 2022. Dalam surat tersebut telah dijelaskan bahwa kompetisi Liga 2 2022/2023 telah dibagi menjadi tiga grup. Ada Sembilan tim di grup barat dan timur. Sedangkan grup tengah, dihuni 10 tim.

“Banyak aspek yang dipertimbangkan PSSI dalam penentuan grup tersebut. Termasuk salah satunya berdasarkan letak geografis.”

Pada agenda tersebut juga dijelaskan tentang kewajiban klub secara keseluruhan. Contohnya menyediakan gerai vaksin di stadion pada hari pertandingan. “Khusus yang satu ini, kami mohon LOC berkoordinasi dengan TNI, Polri, pemda dan Satgas Covid-19 setempat,” pungkas Sudjarno.

Tim asal Yogyakarta, PSIM Yogyakarta akan berada di Grup Tengah. Tim berjuluk Laskar Mataram itu akan bertemu sejumlah nama besar seperti Persela Lamongan dan Persijap Jepara, serta klub baru Nusantara United yang tahun lalu berkandang di Yogyakarta dengan nama Mataram Utama.

 

Pembagian Grup Liga 2 2022/2023:

 

Grup Barat

 

Persiraja Banda Aceh

PSMS Medan

PSDS Deli Serdang

Karo United

Semen Padang FC

PSPS Riau

Sriwijaya FC

Perserang Serang

PSKC Cimahi

 

Grup Tengah

 

FC Bekasi City

Persikab Kab Bandung

PSCS Cilacap

Persekat tegal

Persipa Pati

Persijap Jepara

PSIM Yogyakarta

Nusantara United FC

Persela Lamongan

Gresik United FC

 

Grup Timur

 

Deltras FC Sidoarjo

Putra Delta Sidoarjo

Kalteng Putra FC

Persiba Balikpapan

Sulut United

Babel United Persipal

PSBS Biak

Persewar Waropen

Persipura Jayapura

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement