Rabu 24 Aug 2022 23:37 WIB

Pemkab Sidoarjo Resmikan RSUD Sibar Guna Pemerataan Layanan Kesehatan

Ruang isolasi di RSUD Sibar juga dilengkapi dengan berbagai klinik.

Pemkab Sidoarjo Resmikan RSUD Sibar Guna Pemerataan Layanan Kesehatan (ilustrasi).
Foto: ASPRILLA DWI ADHA/ANTARA FOTO
Pemkab Sidoarjo Resmikan RSUD Sibar Guna Pemerataan Layanan Kesehatan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SIDOARJO -- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur meresmikan rumah sakit umum daerah (RSUD) Sidoarjo Barat (Sibar) yang berada di Kecamatan Krian guna menunjang pemerataan kesehatan warga yang berada di wilayah tersebut.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengatakan rumah sakit tersebut memiliki pelayanan kesehatan yang lengkap dengan kelas C. "Fasilitas tersebut di antaranya IGD, instalasi rawat inap, instalasi rawat jalan," ujarnya di sela peresmian RSUD Sibar.

Baca Juga

Ia mengatakan, pelayanan kesehatan RSUD Sibar akan semakin maju dan berkembang dari rumah sakit kelas C naik menjadi rumah sakit kelas B. "Kalau RSUD Sidoarjo yang sekarang kelas B dan nanti naik kelas A maka RSUD Sibar 3 tahun atau 4 tahun ke depan harus naik menjadi kelas B," katanya.

Ia mengatakan, dengan adanya rumah sakit ini diharapkan mampu memeratakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. "Rumah sakit Sidoarjo Barat ini kalau di kalangan bupati-bupati yang lain termasuk keajaiban, kenapa, itu mepet sekali, lima bulan (pembangunannya), saya masih ingat," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Syaf Satriawarman mengatakan terdapat 14 orang dokter spesialis di RSUD Sibar "Pelayanan kesehatan di IGD terdiri dari triase, resusitasi serta ruang tindakan dan ruang observarsi, obstetri neonatal emergensi komprehensif," ujarnya.

Ia mengatakan ruang isolasi di RSUD Sibar juga dilengkapi dengan berbagai klinik di antaranya klinik spesialis penyakit dalam, klinik spesialis jantung dan pembuluh darah, klinik spesialis bedah umum dan klinik spesialis obstetri dan ginekologi, klinik spesialis bedah tulang serta klinik spesialis anak dan gigi. "Sementara untuk layanan penunjang terdapat instalasi laboratorium patologi klinik, instalasi farmasi, instalasi CSSD, instalasi ambulans dan informasi komunikasi," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement