Senin 05 Sep 2022 15:24 WIB

QRIS JAZZ Atas Awan, Ajang Sosialisasi Transaksi Non Tunai di DCF 2022

Venue QRIS Jazz Atas Awan telah mendukung sistem pembayaran QRIS.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Pembeli memindai QRIS untuk bertransaksi.
Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Pembeli memindai QRIS untuk bertransaksi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA - Sebagai bagian dari Dieng Culture Festival (DCF) XIII 2022, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto bersama dengan Pokdarwis Dieng Pandawa menyelenggarakan QRIS Jazz Atas Awan yang diisi oleh rangkaian penampilan artis lokal hingga papan atas.

Kegiatan diselenggarakan sebagai bentuk inovasi komunikasi kebijakan Bank Indonesia khususnya terkait sistem pembayaran nontunai QRIS. "Sebagai bentuk user experience masyarakat terhadap pembayaran nontunai QRIS, seluruh transaksi pada venue QRIS Jazz Atas Awan telah mendukung sistem pembayaran QRIS," ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Purwokerto, Rony Hartawan.

QRIS Jazz Atas Awan dilaksanakan selama dua hari yaitu Jumat dan Sabtu (2-3/9/22) bertempat di Panggung Pandawa. Pada hari pertama, sejumlah artis lokal mendominasi pertunjukan musik QRIS Jazz Atas Awan.

Di antaranya Amorisa, Jazz Mben Senen, Fourhband, Bimasakti, Saptu, Jagarta, dan puncaknya ditutup oleh penampilan dua musisi nasional yaitu Stars and Rabbit dan Deny Caknan.

Kemeriahan perhelatan hari pertama yang dipadati oleh 10 ribu pengunjung dan masyarakat sekitar ditutup dengan penerbangan 5.000 lampion yang menjadi penghias langit malam Dieng.

Hari kedua pelaksanaan QRIS Jazz Atas Awan mulai diramaikan oleh empat musisi ternama yang menjadi bintang di Panggung Pandawa, yaitu Andien, Marcell, Budi Doremi, dan Souljah. Kemeriahan  hari kedua juga meningkat seiring dengan penampilan musisi lokal yaitu Taksu Band.

Selain penampilan musik modern, pengunjung juga disuguhi penampilan tari tradisional, Amazing Lengger Festival yang dibawakan oleh Rianto, penari lengger dari Banyumas yang telah merambahi kancah internasional. Dipadati tak kurang dari 10 ribu pengunjung dan masyarakat sekitar, QRIS Jazz Atas Awan hari kedua ditutup dengan pertunjukan Dieng Amazing Fireworks yang menghiasi langit Dieng.

Selama kegiatan QRIS Jazz Atas Awan, sejumlah pejabat turut hadir dan meramaikan kegiatan tersebut. Beberapa pejabat  antara lain Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Rony Hartawan, dan Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto.

Pada kegiatan QRIS Jazz Atas Awan, UMKM Kopi Binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto yang tergabung ke dalam Masyarakat Peduli Indikasi Geografis (MPIG) Banjarnegara juga berkesempatan mengisi booth pameran di dalam venue panggung Pandawa.

Selain itu, 83 UMKM lokal berkesempatan memamerkan produk-produk unggulannya dalam pameran UMKM yang digelar di sekitar venue Panggung Pandawa dan seluruhnya telah mengakomodasi pembayaran nontunai QRIS.

"Melalui kegiatan QRIS Jazz Atas Awan serta event pendukungnya, masyarakat diharapkan dapat lebih mengenal QRIS sebagai metode pembayaran nontunai dan menggunakannya sebagai alat transaksi favorit," kata Rony.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement