Selasa 11 Oct 2022 20:53 WIB

Gedung UIN Saifuddin Zuhri Mulai Dibangun di Purbalingga

Pembangunan Kampus II UIN Saizu ini ditandai dengan peletakan batu pertama.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin
Gedung UIN Saifuddin Zuhri Mulai Dibangun di Purbalingga (ilustrasi).
Foto: Republika/eko widiyatno
Gedung UIN Saifuddin Zuhri Mulai Dibangun di Purbalingga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA -- Pembangunan Gedung Pendidikan Kampus II Universitas Islam Negeri Prof KH Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) di Kabupaten Purbalingga memasuki babak baru. Usai dilakukan pembangunan pagar keliling pada tahun 2021 kini akan memulai tahap pembangunan gedung kampus.

Rektor UIN Saizu, Prof Dr H Mohammad Roqib MAg mengungkapkan, ada lima gedung yang akan dibangun pertama kali kompleks pembangunan Kampus II bertempat di Jl. MT Haryono, Kelurahan Karangsentul, Kecamatan Padamara ini.

Baca Juga

Di antaranya yakni gedung kuliah terpadu Fakultas Dakwah dan Komunikasi, gedung Laboratorium Fakultas Dakwah dan Komunikasi, gedung Pendidikan Profesi dan Sertifikasi, gedung Asrama Pendidikan Profesi dan Sertifikasi dan gedung Laboratorium Bahasa dan Multimedia.

"Di sini sudah kita rencanakan ada 5 gedung berikut dengan beberapa gedung pendamping lain, diantaranya adalah auditorium. Kita punya keinginan bagaimana auditorium ini bisa memenuhi kebutuhan  masyarakat Purbalingga khususnya pada momen-momen besar," kata Roqib pada acara peletakan batu pertama di kompleks pembangunan Kampus II UIN Saizu di Kelurahan Karangsentul, Kecamatan Padamara, Selasa (11/10/22).

 

Di samping memiliki fungsi pendidikan, kompleks Kampus II UIN Saizu ini juga akan dirancang untuk memiliki fungsi rekreasi edukatif. Yakni menciptakan suasana kampus yang rindang, taman kota, dan dibangun telaga buatan.

"Di sini nanti juga ada Lembaga Sertifikasi Profesi sekalian ada tempat tinggal (asrama). Harapannya setiap pengangkatan profesi apapun bisa dilayani di sini dengan tenaga-tenaga ahli, kita sudah ada 24 asesor," jelasnya.

Pembangunan Kampus II UIN Saizu ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Purbalingga, Rektor UIN Saizu, Deputi Bidang PMMK Bappenas RI, dan Kasubdit Sarpras Kemenag RI, Selasa (11/10/22) di Kelurahan Karangsentul, Kecamatan Padamara. Kompleks pembangunan ini merupakan tanah hibah Pemkab Purbalingga kepada Kementerian Agama RI.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengungkapkan, meski Kampus II UIN Saizu belum terbangun atau sebatas informasi, akan tetapi sudah memancing para investor untuk membuka usahanya, khususnya di Jl MT Haryono ini.

"Dibangunnya UIN Saizu ini akan semakin menambah geliat perekonomian di Purbalingga. Karena harapan kami dengan dibangunnya UIN Saizu dampak ekonomi bisa terasa di tengah-tengah masyarakat," kata Bupati.

Tidak hanya dampak ekonomi, ia berharap juga Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Purbalingga bisa meningkat. Ia berharap IPM Kabupaten Purbalingga bisa masuk 10 atau 15 besar di Jawa Tengah.

"Jadi kita tidak cukup mendorong rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah ini bisa naik. Akan tetapi ternyata, cara untuk memboosting IPM yaitu menjalin kolaborasi dengan perguruan tinggi, kalau IPM mau meningkat harus ada universitas di Kabupaten Purbalingga, nah inilah yang akan kita lakukan," katanya.

Seperti yang diketahui, pembangunan Kampus II UIN Saizu di Purbalingga ini akan berlangsung multi tahun. Tahap awal akan dibangun tahun 2022 - 2023 dengan dengan alokasi anggaran sebesar Rp 39,8 miliar dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Kemenag RI.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement