Senin 17 Oct 2022 17:41 WIB

Bupati Banyumas Himbau Masyarakat Sukseskan Regsosek 2022

BPS Kabupaten Banyumas mulai melaksanakan pendataan awal registrasi sosial ekonomi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin
Bupati Banyumas Himbau Masyarakat Sukseskan Regsosek 2022 (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Adiwinata Solihin
Bupati Banyumas Himbau Masyarakat Sukseskan Regsosek 2022 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANYUMAS -- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banyumas melakukan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022 di  Rumah Dinas Bupati Banyumas Achmad Husein di Jalan Kabupaten No 1 Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas, Senin (17/10/2022).

Pada kesempatan tersebut hadir langsung Kepala BPS Kabupaten Banyumas Suprih Handayani didampingi petugas pendata Celly Ervita dan Tim BPS lainya antara lain Sunarto, Supriyadi, Sri Sutarti dan Fitia Hernawati. Rombongan disambut dan diterima langsung oleh Bupati Achmad Husein didampingi istri Ny Erna Sulistyawati Achmad Husein.

Baca Juga

Kepala BPS Kabupaten Banyumas Suprih Handayani mengatakan, BPS Kabupaten Banyumas mulai melaksanakan pendataan awal registrasi sosial ekonomi atau Regsosek 2022 mulai tanggal 15 Oktober 2022.

Mengingat Bupati Banyumas dan keluarga sedang berduka, karena Ayah dari Ny Erna Sulistyawati Husein baru saja meninggal Kamis sore, maka pendataan baru dilakukan Senin pagi.

“Dalam rangka penyediaan data sosial ekonomi yang akan dijadikan rujukan target dan integrasi satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat, BPS melakukan pendataan yang dilakukan secara sensus door to door dari rumah ke rumah oleh petugas. Petugas Regsosek akan mendatangi setiap rumah penduduk untuk melakukan wawancara dan mencatat data sosial ekonomi masyarakat.” kata Suprih, Senin (17/10/22).

Kepala BPS menambahkan, data Regsosek dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan.

Tujuan dari pendataan awal Regsosek adalah untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang berhubungan dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa dan kelurahan.

Sementara, Bupati Banyumas Achmad Husein mendukung penuh kegiatan Regsosek 2022. Dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat Banyumas untuk menyukseskan kegiatan Regsosek dengan memberi jawaban yang jujur dan apa adanya.

"Hari ini saya sudah didata, memang harus sabar karena banyak pertanyaan yang diajukan oleh petugas. Saya mengajak masyarakat Banyumas untuk menerima kehadiran petugas dan menjawab dengan jujur, jangan menambah-nambahi dan jangan mengurang-ngurangi, karena dengan data berkualitas membantu terwujudnya masyarakat Banyumas yang berintegritas maju dan sejahtera," ajak Husein.

Husein menambahkan, kegiatan pendataan ini penting dilakukan karena data Regsosek merupakan upaya pemerintah yang nantinya dapat dimanfaatkan dalam menentukan arah kebijakan oleh seluruh program dan layanan kepada masyarakat.

Senada disampaikan oleh Sekda Kabupaten Banyumas Wahyu Budi Saptono yang juga didata oleh petugas Senin pagi (17/10/2022).

“Pendataan awal registrasi sosial ekonomi atau (Regsosek) 2022 yang dimulai tanggal 15 Oktober–14 November 2022 agar memberi manfaat untuk masyarakat. Agar program yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat tepat sasaran,” katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement