Selasa 18 Oct 2022 15:15 WIB

Juara Shell Eco Marathon ASIA, UNY Pecahkan Rekor Asia

Tantangan terus datang sampai hari kompetisi.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Tim Garuda UNY jadi juara satu Kategori Urban ICE Shell Eco Marathon di Mandalika.
Foto: Dokumen
Tim Garuda UNY jadi juara satu Kategori Urban ICE Shell Eco Marathon di Mandalika.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Mobil Garuda UG-22 Garuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memecahkan rekor konsumsi bahan bakar di ASIA dari 500 menjadi 544 kilometer per liter. Tim Garuda UNY jadi juara satu Kategori Urban ICE Shell Eco Marathon di Mandalika.

Kompetisi diikuti 49 tim dari sembilan negara, ditantang mengembangkan mobil konsumsi bahan bakar sehemat mungkin. Manager Garuda UNY, Kesit Bayu Purnomo mengatakan, persiapan dilakukan sekitar enam bulan sampai akhirnya dikirim ke Mandalika.

"Prosesnya cukup panjang dari mulai brainstorming, riset kendaraan, manufaktur, hingga latihan driver," kata Kesit, Selasa (18/10/2022).

Anggota Garuda UNY, Adhy Wahyu menuturkan, mereka rapat kadang hingga larut malam, bahkan kehilangan waktu libur. Semua berdiskusi tentang cara agar bisa menang dan mencapai target team. Tantangan terus datang sampai hari kompetisi.

Pasalnya, pada hari pertama lomba diadakan, ada kesalahan teknis yang membuat mobil Garuda UG-22 tidak dapat mencapai garis akhir. Bahkan, setelah sejumlah perbaikan mobil gagal melakukan race karena terlambat tiga detik memasuki track.

Pada hari itu, tangis kesedihan mewarnai paddock nomor 524 milik Tim Garuda UNY. Meski cukup terpukul itu tidak jadi alasan bagi tim untuk larut dalam kesedihan. Melalui doa-doa yang terucap, harapan dari Tim Garuda UNY bangkit kembali.

"Race hari kedua menjadi pembuktian kalau usaha dan doa tidak akan mengkhianati hasil," ujar Adhy.

Driver Garuda UG-22, Kadek menerangkan, pada hari itu mereka bangun jauh lebih pagi, berpikir jauh lebih keras, bekerja jauh lebih teliti dari hari kemarin. Mereka melakukan evaluasi besar-besaran dari permasalahan yang mereka hadapi.

"Kami yakin pada hari kedua kami dapat memberikan yang terbaik," kata Kadek. Pada putaran pertama dilakukan, Tim Garuda UNY langsung menempati posisi satu dengan 541 kilometer per liter.

Belum cukup puas dengan yang diperoleh, Garuda UNY kembali mengambil kesempatan race dan memperoleh 544 kilometer per liter. Tangis haru membasahi wajah-wajah Tim Garuda UNY.

Kerja keras selama ini seolah terbayarkan saat capaian Garuda UG-22 berhasil memecahkan rekor. Advisor Garuda UNY, Sutiman menambahkan, prestasi yang diraih berkat dukungan berbagai pihak.

"Kemenangan ini juga buah dari perjuangan alumni-alumni Garuda UNY yang terus membersamai adik-adik dalam melakukan riset," ujar Sutiman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement