Selasa 18 Oct 2022 21:11 WIB

Hotel di Solo Penuh Dibooking 4.650 Tamu Undangan Muktamar

Penggembira diperkirakan mencapai 3 juta orang.

Rep: C02/ Red: Muhammad Fakhruddin
Hotel di Solo Penuh Dibooking 4.650 Tamu Undangan Muktamar (ilustrasi).
Foto: Humas UMS
Hotel di Solo Penuh Dibooking 4.650 Tamu Undangan Muktamar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -– Okupansi hotel di Kota Solo diperkirakan sudah penuh karena dipesan untuk Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 pada 18-20 November 2022 mendatang. 

Setidaknya ada sebanyak 4.650 tamu undangan yang akan menghadiri rapat Tanwir di gedung Edutorium UMS. Sedangkan penggembira diperkirakan mencapai 3 juta orang. 

Baca Juga

Pihak PHRI mengatakan dari informasi yang diterima hotel di Solo sudah penuh, sehingga untuk mendukung kegiatan Muktamar Muhammadiyah, hotel di Yogyakarta dan Semarang dipesan di tanggal tersebut. Pihaknya juga menjelaskan bahwa memang ada jutaan tamu yang memadati Solo di bulan tersebut.

"Makanya hampir semua hotel terpakai, bahkan sampai ke Jogja dan Semarang,” kata Pejabat Humas PHRI Solo, Sistho A Sreshtho ketika dihubungi, Selasa (18/10/2022).

Sementara itu, Pemkot Solo mengatakan bahwa dalam rangka mendukung kegiatan muktamar khususnya pembukaan, pihaknya akan menyediakan sekolah di sekitar stadion Manahan. Namun, ia belum bisa memastikan apakah akan diliburkan atau tidak sekolah mengingat pelaksanaannya pada akhir pekan. 

”Pembukaannya kan Sabtu-Minggu, mulai tanggal 19 itu. Belum dipastikan libur atau tidak,” kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. 

Selain itu, apabila terpaksa meliburkan siswa dikhawatirkan mengganggu pembelajaran. Namun, pihaknya akan berkoordinasi dan menyesuaikan jadwal belajar di sekolah yang ditentukan sebagai tempat transit.

”Memang ada sekolah yang untuk transit. Tapi kalau meliburkan ya tunggu dulu,” pungkasnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement