Selasa 01 Nov 2022 18:42 WIB

Dubes Irlandia dan Rektor UGM Sepakat Perkuat Kerja Sama Pertukaran Mahasiswa

Padraig Francis menuturkan akan memfasilitasi kerja sama dengan kampus di Irlandia.

Duta Besar Irlandia untuk Indonesia Padraig Francis berkunjung ke Universitas Gadjah Mada, Selasa (1/11/2022). Kunjungan tersebut diterima oleh Rektor UGM, Prov Ova Emilia.
Foto: UGM
Duta Besar Irlandia untuk Indonesia Padraig Francis berkunjung ke Universitas Gadjah Mada, Selasa (1/11/2022). Kunjungan tersebut diterima oleh Rektor UGM, Prov Ova Emilia.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Duta Besar Irlandia untuk Indonesia Padraig Francis berkunjung ke Universitas Gadjah Mada, Selasa (1/11/2022). Dalam kunjungan pertamanya ke kampus UGM ini, Padraig Francis menawarkan peluang kerja sama antara UGM dengan perguruan tinggi di Irlandia. Pihaknya akan memfasilitasi peluang kerja sama tersebut dengan menggandeng beberapa pimpinan perguruan tinggi di Irlandia.

Rektor Universitas Gadjah Mada Prof Ova Emilia menyambut baik tawaran dari Dubes Irlandia tersebut. Menurut Rektor, UGM sudah melakukan kerja sama dengan dua perguruan tinggi di Irlandia yakni Universitas Limerick dan University College Dublin (UCD). "Kerja sama UGM dengan perguruan tinggi di Irlandia belum banyak baru hanya ada dua, Limerick dan UCD," kata Ova dalam siaran pers, Selasa (1/11/2022).

Menurut Rektor, bentuk kerja sama yang bisa dilakukan di antaranya di bidang pertukaran mahasiswa, summer course, dan kolaborasi riset. "Saya kira riset  doktor nantinya banyak yang bisa dikerjasamakan," katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Sub Direktorat Kerja Sama Internasional UGM, I Made Andi Arsana, yang ikut mendampingi Rektor menyampaikan bahwa kerja sama pendidikan yang banyak dilakukan selama ini dalam bentuk pengiriman mahasiswa UGM ke perguruan tinggi di Irlandia melalui program beasiswa Erasmus Mundus dan IISMA.

"Tujuan kita dengan adanya penjajakan kerja sama bilateral dengan universitas disana, diharapkan nantinya akan banyak kampus di Irlandia juga mengirim mahasiswa dan dosennya ke UGM," ujarnya.

Menurut Andi, Dubes Irlandia menginginkan UGM membuka peluang lewat penandatanganan nota kesepahaman bersama dengan banyak perguruan tinggi di negaranya sehingga akan kegiatan  pertukaran mahasiswa Indonesia dan Irlandia, pertukaran dosen, serta pembukaan program dual degree bisa diwujudkan.

"Dubes meminta kita melakukan banyak kerja sama dengan perguruan tinggi dari Irlandia. Ia tidak menyebutkan perguruan tinggi mana saja namun mendorong bentuk kerja sama yang lebih terbuka," ungkapnya.

Duta Besar Irlandia untuk Indonesia Padraig Francis menuturkan pihaknya akan memfasilitasi terlaksananya kerja sama antara UGM dengan perguruan tinggi di Irlandia. Menurutnya kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian diharapkan bisa meningkatkan kapasitas mahasiswa Indonesia dalam penguasaan teknologi mutakhir dan di bidang ekonomi. "Saya kira mahasiswa nantinya akan mendapat pengalaman dengan banyak  program yang bisa kita kerjasamakan," kata Francis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement