Rabu 09 Nov 2022 17:08 WIB

Porprov Korpri Jadi Persiapan Jateng Tuan Rumah Pornas Korpri 2023

Ajang Porprov Korpri 2022 mempertandingkan delapan cabang olahraga resmi.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, saat membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Korpri Jawa Tengah tahun 2022, yang dilaksanakan  di GOR Jatidiri, Karangrejo, Kota Semarang, Rabu (9/11).
Foto: dok. Humas Prov. Jateng
Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, saat membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Korpri Jawa Tengah tahun 2022, yang dilaksanakan di GOR Jatidiri, Karangrejo, Kota Semarang, Rabu (9/11).

REPUBLIKA.CO.ID,  SEMARANG -- Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menegaskan, daerahnya siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Pornas Korpri) 2023. Karena itu, berbagai persiapan untuk menuju Pornas Korpri sudah dipersiapkan sejak tahun ini, salah satunya melalui hajat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Korpri Jateng yang dibuka Rabu (9/11/2022).

“Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjadi peserta dapat berkompetisi sekaligus berlatih untuk menyambut ASN se-Indonesia pada Pornas Korpri 2023 nanti,” jelasnya, saat membuka  Porprov Korpri 2022 di GOR Jatidiri, Karangrejo, Kota Semarang.

Jateng, lanjutnya, siap menerima kontingen Pornas Korpri dari provinsi lain maupun lembaga lainnya yang akan hadir. Sehingga pelaksanaan Porprov Korpri kali ini menjadi pemanasan untuk menggelar hajat yang lebih besar.

Wagub juga menyampaikan, Porprov Korpri Jateng 2022 kali ini diikuti oleh 2.232 orang atlet dan official. Selain dari kabupaten/kota, terdapat juga ASN dari 36 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta tiga perguruan tinggi.

Seluruh peserta juga diharapkan dapat mengikuti kompetisi berbagai cabang olahraga dengan menjunjung tinggi nilai-nilai portivitas dan menjadikan ajang ini sebagai sarana untuk memupuk semangat persaudaraan dan mewujudkan slogan ‘Jateng Gayeng’.

Sehingga siapapun yang menang dalam Porprov Korpri kali ini, merekalah yang akan menjadi  harapan Jateng pada Pornas Korpri 2023 nanti. “Sekaligus untuk menunjukkan bahwa Jateng sudah siap, bukan hanya sebagai tuan rumah tetapi juga menjadi juara pornas,” tegasnya.

Di lain pihak, Taj Yasin juga menyampaikan, ASN mempunyai tugas mulia sebagai pelayan masyarakat dengan integritas. Maka ajang porprov ini juga bisa dijadikan sebagai ruang belajar dalam melaksanakan kewajibannya.

Berbagai unsur sportivitas dan kejujuarn dalam olahraga, diharapkan juga dapat dibawa dan diterapkan para ASN saat melaksanakan tugas dan pekerjaan di instansi masing-masing.

Selain itu juga menjadi ajang saling berbagai pengalaman untuk memajukan Jateng. Karena Jateng tidak sendirian, tetapi harus melibatkan kabupaten dan kota agar bisa maju bersama-sama. “Terkait bentuknya, bisa berupa silaturahim, koordinasi, tukar pengalaman, dan seterusnya,” tegas wagub.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Porprov Korpri 2022, Budi Santoso menjelaskan, Porprov Korpri merupakan sarana silaturahim dan sarana evaluasi pembinaan atlet dan penggemar olahraga di lingkungan ASN se-Jateng.

Selain itu juga sebagai ajang seleksi kontingen Pornas Korpri Jateng 2023 yang juga sebagai tuan rumah. Ajang ini juga menjadi sarana untuk memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya ASN bersama masyarakat.

Porprov Korpri 2022 bakal mempertandingkan delapan cabang olahraga (cabor) resmi, seperti tenis meja, bola voli, futsal, tenis lapangan, bulutangkis, senam, catur, dan minisoccer.

“Total penyelenggaraan Porprov Korpri Jateng  ini akan memperebutkan 19 medali emas, 19 perak, dan 33 medali perunggu,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement