Ahad 13 Nov 2022 14:58 WIB

Karnaval Kebangsaan Meriahkan Milad RS PKU Muhammadiyah Solo

Ada sekitar 3,000 an peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Suasana kegiatan Karnaval Gebyar Muktamar bertema Keragaman Budaya Nusantara di Kota Solo.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Suasana kegiatan Karnaval Gebyar Muktamar bertema Keragaman Budaya Nusantara di Kota Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Dalam rangka Milad ke-95, RS PKU Muhammadiyah Solo menggelar kegiatan Karnaval Gebyar Muktamar bertema Keragaman Budaya Nusantara. Selain itu, ada jalan sehat civitas serta keluarga RS PKU Solo

Direktur RS PKU Solo, Mardiyatmo mengatakan, karnaval ini selain perayaan milad sekaligus sebagai gebyar pra Muktamar Muhammadiyah dan 'Aisyiyah ke-48. Pasalnya, milad hari ini berdekatan waktunya dengan pelaksanaan muktamar.

"Milad ke 95 PKU Solo kemudian Milad Muhammadiyah ke-100 lebih waktunya berhimpitan dengan muktamar," kata Mardiyatmo usai karnaval, Ahad (13/11/2022).

Karnaval kali ini mengusung konsep keragaman budaya. Sebab semua yang ikut pawai dan jalan sehat menggunakan pakaian dari seluruh daerah yang ada di Indonesia.

"Itu menunjukkan Muhammadiyah terdiri dari berbagai suku bangsa dari seluruh Tanah Air Indonesia. Jadi tidak membeda-bedakan, jadi kita semua adalah NKRI, ya jadi NKRI masing-masing dari daerah ada perwakilan pakaiannya di sini," katanya.

Selain itu, Mardiyatmo mengatakan karnaval juga menyampaikan pesan khusus kepada masyarakat. Yakni dakwah Muhammadiyah itu tidak membedakan antara suku ras dan agama.

"Itu (karnaval) merupakan simbol dan pesan kepada masyarakat bahwa Muhammadiyah itu membela NKRI di dalam pelaksanaan dakwahnya sehari-harinya," terangnya.

Setidaknya ada sekitar 3,000 an peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Oleh karena itu, pihaknya berharap dengan bertambahnya usia, RS PKU Solo dapat terus menyehatkan masyarakat.

"RS PKU dikenal oleh masyarakat dan kita dalam menjalankan perumahsakitan itu kan menyehatkan rakyat, itu kan sebenarnya tugas utama pemerintah, namun Muhammadiyah ini sebelum merdeka sudah menolong untuk menyehatkan masyarakat maka RS PKU Muhammadiyah harus berkembang pada waktu-waktu yang berikutnya," tegasnya.

Karnaval tersebut dimulai pukul 06.30 WIB. Sedangkan rutenya dimulai dari depan lobi gedung utama (pintu tengah) RS PKU Muhammadiyah Solo Jalan Ronggowarsito 130, menuju Area Car Free Day Slamet Riyadi.

Lanjut ke Balloon Gate di timur Hotel Novotel (depan Master Photo) untuk penjurian lomba. Kegiatan dimeriahkan dengan atraksi Drum Band Hizbul Wathan, musik bambu, karnaval baju adat Nusantara, punakawan, dan manusia egrang. Finish dan acara hiburan di Taman Parkir Timur RS PKU Muhammadiyah Solo (bekas Taman Putra).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement